Profil & Biografi Henry Ford

Loading...

Henry Ford merupakan pengusaha sukses yang sangat terkenal di dunia. Ia adalah pemilik dari perusahaan otomotif Ford Motor Company yang sangat terkenal di dunia. Ia merupakan ayah dari ban berjalan modern. Mobil yang pertama kali ia ciptakan adalah mobil jenis model T yang dijualnya dengan harga yang sangat terjangkau dan sangat diminati oleh semua orang di negaranya.

Biografi Henry Ford 1

Ia lahir pada tanggal 30 Juli 1863 di sebuah pertanian wilayah Greenfield Township, Amerika Serikat. Henry Ford memiliki tiga orang saudara, ayahnya merupakan seorang petani yang bernama William Ford dan ibunya bernama Mary Ford. Sewaktu ia kecil Henry di berikan ayahnya jam kantong , dari jam kantong yang diberikan ayahnya itu ia belajar memperbaiki dan membongkar jam tersebut.

Sejak ia kecil, Henry Ford sudah tertarik di bidang mesin. Ketertarikannya itu membuat ayahnya sangat sedih karena ayahnya sangat menginginkan anaknya itu untuk menjadi seorang petani. Henry menghabiskan masa kecilnya dengan memperbaiki mesin-mesin para tetangganya. Setelah ia dewasa, Henry pergi dari desanya Dearborn dan pergi ke kota Detroit. Disini ia bekerja di sebuah pabrik sebagai ahli mesin dan bekerja juga sebagai pelayan toko. Kemudian ia memutuskan untuk kembali ke Dearborn untuk membantu ayahnya bekerja di pertanian milik keluarganya. Didesanya itu, Henry Ford banyak menelitih cara kerja para petani dan banyak menemukan mesin-mesin yang dapat digunakan di ladangnya.

Biografi Henry Ford 2

Saat ia berada di desanya, Henry Ford tertarik pada seorang perempuan bernama Clara Ala Bryant, awalnya gadis ini tidak menyukai Henry Ford. Namun, dengan tekat dan keinginannya untuk memiliki gadis ini ia rela menjadi pesulap agar gadis ini tertarik kepadanya. Ia menikah dengan wanita pilihannya itu pada tahun 1888 dan di karuniai satu orang anak. Setelah ia menikah, Henry meminta istrinya untuk ikut bersamanya pindah ke Detroit, ia berjanji kepada istrinya bahwa dia akan membuat kereta kuda yang dapat berlari kencang. Di Detroit Henry bekerja pada malam hari di suatu perusahaan lampu “Edison” dan di siang harinya ia bekerja membuat kereda kuda. Tak henti-henti setiap harinya Henry berusaha keras membuat kereta kuda, sepanjang hari ia banyak mendapatkan cemooh dari tetangga dan masyarakat sekitarnya.

Biografi Henry Ford

Pada tahun 1893, akhirnya jerih payahnya beberapa tahun sudah terwujud. Ia berhasil membuat kereta kuda yang dapat berlari kencang itu. Namun belum begitu sempurna, Henry masih terus memperbaiki dan memperbarui kereta kudanya itu. Banyak perusahaan-perusahaan juga ikut campur tangan dalam memperbaiki desain kereta kuda buatan Henry sampai akhirnya ia mendirikan Ford Motor Company pada tahun 1903 dan sukses meluncurkan mobil model T pada tahun 1908. Setelah sukses meluncurkan dan menjual mobil model T dengan jumlah yang sangat banyak, Henry Ford terus memperbarui mesin mobil dan membuat berbagai macam mobil. Henry Ford pun meninggal karena mengalami pendarahan di otaknya pada tanggal 7 April 1947 di usianya yang ke 83 tahun.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − 1 =