Profil & Biografi Surya Paloh

Loading...

Pria kelahiran daerah aceh ini bernama Surya Dharma Paloh atau disebut juga dengan nama Surya Paloh yang merupakan seorang pengusaha terkenal sekaligus pemimpin dari Media Indonesia, stasiun televisi Metro TV dan juga Lampung Post. Selain itu dia juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Nasional Demokrat dan merupakan mantan Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar periode 2004-2009. Ia juga merupakan pendiri dari ormas Nasional Demokrat dan diteruskan sebagai Partai Nasdem.

Biografi Surya Paloh

Ia lahir dari keluarga pengusaha di kota Medan, Daud Paloh merupakan nama dari ayahnya dan ibunya bernama Nursiah Paloh. Surya Paloh lahir pada tanggal 16 Juli 1951 di Banda Aceh. Ia memulai bisnisnya sejak ia masih bersekolah di SMA Negeri 7 Medan. Saat remaja ia suka berjualan keberbagai kedai kecil dan juga menjualnya ke perkebunan PT Perkebunan Nusantara, saat itu ia berjualan ikan asin, karung goni, teh dan masih banyak lagi yang ia jual. Setelah sukses jualan keliling, Surya Paloh kemudian mendirikan perusahaan karoseri dan menjadi agen penjualan mobil. Setelah lulus dari pendidikan SMA, ia kemudian melanjutkan ke perguruan tinggi negeri di Sumatera Utara dengan mengambil jurusan Fakultas Hukum. Kemudian ia pindah ke Universitas Islam Sumatera Utara jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Saat di Universitas Islam Sumatera Selatan, ia aktif dalam organisasi dan kemudian membuat organisasi massa yang menentang kebijakan dari pemerintahan Orde Lama.

Biografi Surya Paloh 2

Sambilan berkuliah ia juga bekerja diberbagai tempat, seperti bekerja sama dengan Baharuddin Datuk Bagindo yang merupakan pemilik dari pabrik korek api PT.BDB dan Wisma Pariwisata. Dan pada tahun 1973, ia bersama dengan kakak iparnya dipercaya untuk mengelolah PT. Ika Diesel Bros sebagai distributor mobil Ford dan Volkswagen, disini ia menjabat sebagai direktur utama. Di tahun 1975 ia menjabat sebagai direktur di perusahaan Link Up Coy, Singapura yang bergerak dalam bidang perdagangan umum dan juga menjabat sebagai kuasa usaha direksi Hotel Ika Darroy.

Biografi Surya Paloh 1

Usahanya dalam bidang Surat Kabar Harian Prioritas didirikan pada tanggal 2 Mei 1986. Saat itu, usaha koran berwarnanya sangat laku dikalangan masyarakat. Tetapi, usahanya itu tidak berlangsung dengan lama karena SIUPP-nya dicabut oleh pemerintah karena dianggap kurang sesuai dengan Jurnalistik Indonesia. Hal ini tidak membuatnya menjadi putus asa, pada tahun 1989 ia bekerja sama dengan Drs. T. Yously Syah untuk mengelola koran Media Indonesia dengan persetujuan Yously yang merupakan pemilik dan pemimpin redaksi dari koran Media Indonesia. Kerja kerasnya itu pun berhasil mengantarkan Media Indonesia ke Gedung Prioritas. Selain itu, ia juga bekerja sama dengan Majalah Vista dan menerbitkan sepuluh media. Dalam berbagai media yang ia terbitkan itu, Surya Paloh lebih mengutamakan kualitas isi berita yang diterbitkan. Setelah sekian lama bergerak di Media Indonesia dalam bentuk majalah dan koran, ia pun mendirikan Metro TV sebagai sebuah stasiun televisi berita pertama di Indonesia pada tanggal 18 November 2000. Sampai saat ini, Surya Paloh masih aktif dalam berbagai usahanya itu.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 2 =