Profil & Biografi Steve Chen

Loading...

Tentunya Anda sering menggunakan aplikasi yang sangat populer yaitu aplikasi youtube sebagai alat untuk melihat vidio-vidio lucu, film-film dan lain-lainnya. Aplikasi youtube itu sendiri didirikan oleh Steve Chen yang merupakan seorang pengusaha internet Taiwan Amerika. Ia pernah belajar desain di University of Pennsylvania danjuga belajar ilmu komputer di University of Illinois at Urbana-Champaign. Ia merupakan seorang mantan dari Chief Technology Officer dan juga merupakan karyawan PayPal.

Biografi Steve Chen 1

Saat ia bekerja di PayPal, Steve Chen bertemu dengan Chad Hurley dan Jawed Karim. Sebelum itu, Steve Chen merupakan salah satu pegawai pertama di facebook. Namun, pada akhirnya hal itu tidak berlangsung lama karena Steve Chen lebih memilih untuk berhenti dari facebook dan merintis youtube. Ia kemudian menikah dengan Park Ji-hyun atau yang sering dikenal dengan nama Jamie Chen yang merupakan manajer pemasaran dari produk Google Korea pada tahun 2009. Setelah menikah, ia dan istrinya tinggal di San Francisco dan memiliki satu orang putra yang lahir pada bulan Juli 2010. Keluarganya sendiri merupakan pendukung dari Asian Art Museum of San Francisco yang kemudian Jamie istrinya ditunjuk sebagai anggota dari dewan kepercayaan yang berlangsung pada bulan Juli 2012.

Biografi Steve Chen 2

Menurut berbagai macam berita yang diterbitkan mengatakan bahwa Hurley dan Chen sendiri mempunyai ide YouTube pada awal bulan tahun 2005 saat merka mengalami kesulitan berbagi video pesta makan malam di sebuah apartemen Chen yang terletak di San Francisco. Saat itu Karim tidak datang ke pesta dan sangat menolak pesta itu. Setelah Steve Chen selesai makan malam dipesta tersebut ia memikirkan tentang youtube sebagai alat bantu berbagi video dan dengan diperkuat oleh pemasaran yang sangat menguntungkan.

WEST HOLLYWOOD, CA - NOVEMBER 29: YouTube founders Chad Hurley and Steve Chen arrive at the GQ magazine 2006 Men of the Year dinner celebrating the 11th Annual Men of the Year issue at the Sunset Tower Hotel on November 29, 2006 in West Hollywood, California. (Photo by Frederick M. Brown/Getty Images for GQ) *** Local Caption *** Chad Hurley;Steve Chen

Perusahaan youtube berawal dari sebuah perusahaan teknologi yang didanai oleh banyaknya investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital pada bulan november 2005 dan april 2006. YouTube memiliki kantor pertamanya yang terletak di atas sebuah pizzeria dan restoran Jepang di San Mateo, California. Pada tanggal 14 februari 2005 aplikasi youtube mulai aktib dan mulai beraktifitas. Me at the zoo merupakan vidio pertama dari youtube itu sendiri. Isi dari video ini menampilkan pendiri serta pendamping Jawed Karim di San Diego Zoo dan diunggah pada bulan April 2005.

Pemilihan dari nama youtube itu sendiri mulanya menimbulkan masalah dengan situs yang mempunyai nama sangat mirip yaitu utube. Pemilik dari situs ini adalah Universal Tube & Rollform Equipment. Karena tidak senang, perusahaan ini mengajukan tuntutan hukum terhadap YouTube pada bulan November 2006. Namun akhirnya mengubah namanya menjadi utubeonline setelah situsnya dibanjiri para pengunjung yang ingin mencari YouTube. Pada bulan Oktober 2006 perusahaan google inc membeli youtube dengan harga senilai $1,65 miliar dalam bentuk saham. Setelah beberapa lama menjabat sebagai CEO, ia kemudian mengundurkan diri dan kemudian beralih profesi sebagai penasihat perusahaan sampai saat ini.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − nine =