Profil & Biografi Barack Obama

Loading...

Barack Hussein Obama atau yang sering dikenal dengan nama Obama, adalah seorang presiden Amerika Serikat ke-44 yang saat ini sedang menjabat. Obama adalah seorang blasteran Afrika Amerika pertama yang dapat menempati jabatan sebagai presiden. Ketika pemilihan presiden Amerika Serikat pada tahun 2009, namanya berhasil menggemparkan masyarakat baik di Amerika maupun di luar negeri.

Biografi Barack Obama 2

Barack Obama dilahirkan pada tanggal 4 Agustus 1961 di Kapi’olani Medical Center for Women dan Children di Honolulu, Hawaii. Ibunya bernama Ann Dunham yang merupakan warga Amerika berkulit putih dari Wichita, Kansas, sedangkan ayahnya bernama Barack Obama, Sr yang berasal dari Kogelo, Nyanza Propinsi, Kenya. Namun, ayah dan ibunya berpisah disaat Obama berumur dua tahun, ayahnya meninggal dunia pada tahun 1982 karena¬†kecelakaan mobil, ia bertemu Obama hanya sekali seumur hidupnya. Setelah ayahnya meninggal, ibu Obama menikah lagi dengan seorang mahasiswa Indonesia yang bernama Lolo Soetoro. Setelah beberapa kemudian Obama dan keluarganya pindah ke Indonesia dan mengenyam pendidikan di sekolah lokal yang ada di Jakarta sampai ia berumur 10 tahun seperti Besuki Publik serta Sekolah Santo Fransiscus.

Biografi Barack Obama 1

Setelah ia berumur 10 tahun, Obama dan keluarganya pindah ke Honolulu dan tinggal bersama dengan kakek dan neneknya. Obama juga bersekolah di sekolah yang berada tidak jauh dari rumah neneknya. Setelah menyelesaikan pendidikan menengah pertamanya, Obama melanjutkan pendidikan SMA ke Los Angeles. Disana ia bersekolah di Occidental College selama dua tahun lamanya, setelah itu ia melanjutkan pendidikannya ke Universitas Columbia di New York City. Disana ia menjadi ketua ilmu politik dengan spesialisasi dalam hubungan internasional. Setelah itu, Obama bekerja di Business International Corporation selama satu tahun dan kemudian pindah di New York Public Interest Research Group. Setelah itu, pindah ke Chicago dan bekerja di Developing Communities Project (DCP) dengan menjabat sebagai direktur. Disana dia banyak membantu gereja organisasi yang berbasis masyarakat. Pada tahun 1988, Obama terpilih sebagai editor di Harvard Law Review dan terpilih sebagai presiden dari jurnal di tahun 1989. Setelah itu Obama kembali ke Chicago, disana ia bekerja sebagai pengacara hukum perusahaan dari Sidley and Austin ditahun 1989, serta Hopkins dan Sutter pada tahun 1990.

Biografi Barack Obama

Setelah lulus dengan Juris Doctor (JD), Obama diarahkan dari Illinois Project Vote dan menjabat sebagai profesor di Universitas Chicago Law School dengan mengajar Hukum Konstitusi, selain itu ia juga bergabung di berbagai macam organisasi seperti Miner, dan lain-lainnya. Selanjutnya Obama juga pernah menjadi anggota pendiri dewan direktur Public pada tahun 1992, menjadi Senat Illinois kelima keturunan Afrika-Amerika pada tahun 1996.

Pada tahun 2007, Obama mencalonkan dirinya sebagai presiden Amerika Serikat dengan memberikan beberapa janji kepada masayarakat, salah satunya adalah menyediakan perawatan kesehatan universal. Dalam pemilihan yang berlangsung, Obama berhasil merebut banyak suara dari pesaing-pesaingnya, begitu juga pada pemilihan presiden pada tahun 2014. Obama juga berhasil merebut banyak suara bagi masyarakat karena Obama dipercaya dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat Amerika Serikat. Selama ia memimpin, banyak hal-hal yang diwujudkannya untuk menjadikan Amerika Serikat menjadi negara yang semakin maju. Hingga sampai saat ini, ia adalah presiden dari negara Amerika Serikat dengan masa jabatan sampai tahun 2019.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − eighteen =