Profil & Biografi Eko Patrio

Loading...

Eko Patrio merupakan seorang presenter dan pelawak yang sangat terkenal di tanah air ini. Eko Patrio mempunyai nama lengkap yaitu Eko Hendro Purnomo. Ia lahir pada tanggal 30 Desember 1970 di daerah Nganjuk. Selain bergelut di bidang entertainment, presenter terkenal ini juga pernah bergelut di bidang politik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia dari Partai Amanat Nasional.

Biografi Eko Patrio

Eko lahir dari pasangan suami istri yang merupakan mandor konveksi baju dan penjahit. Ayahnya bernama Sumarsono Mulyo dan Ibunya bernama Sumini. Saat masih bayi, Eko bersama keluarganya pindah ke Jakarta. Saat di Jakarta ia menumpang tinggal pada keluarga ibunya di daerah Kebun Pala, Tubagus Angke, Jakarta Barat. Setelah beberapa lama kemudian ia dan keluarga pindah dirumah sendiri. Setelah beberapa lama kemudian, kehidupan keluarga Eko semakin membaik, ayah Eko berhasil mempunyai toko dan angkutan kota. Namun, kejayaan dari keluarganya tersebut tidak berlangsung lama, setelah beberapa usaha ayahnya bangkrut ketika ia beranjak dewasa. Ia menikah pada tanggal 12 Oktober 2001 dengan artis bernama Viona Rosalina dan memperoleh tiga orang anak.

Biografi Eko Patrio 1

Eko Patrio mengenyam pendidikan sekolah menengah atasnya di SMA Negeri 18 Jakarta, saat disekolah Eko membentuk kelompok lawak dengan nama lawak Seboel yang mempunyai singkatan dari Sekelompok Bocah Eling, bersama temannya yang bernama Jejen dan Tejo. Kelompok lawak yang Eko bentuk mampu memenangkan beberapa penghargaan yang di adakan di berbagai acara di sekolah-sekolah, radio, dan tempat lainnya. Bahkan mereka berhasil memenagkan berbagai kontes ketika mereka sudah lulus sekolah. Namun, kelompok lawak yang dibentuknya mengalami keretakan atas dasar keluarnya Tejo dan Jejen. Kemudian posisi mereka digantikan oleh Taufik dan Akri, namun Taufik pun keluar dari kelompok lawak itu dan membuat Eko membubarkan kelompok lawak yang dibangunnya itu.

Biografi Eko Patrio 1

Setelah menyelesaikan sekolahnya, Eko Patrio direkrut perusahaan radio sebagai penyiar radio, ia melakukannya sambil berkuliah di salah satu universitas di Jakarta. Saat ia disana Eko banyak berkenalan dengan komedian pendahulunya yang sudah terkenal seperti trio Warkop DKI, Ulfa Dwiyanti, Parto, Dedi Gumelar dan lain-lain. Setelah ia berhasil menyelesaikan pendidikan kuliahnya, Eko lebih menekuni dunia lawak bersama kelompok lawak yang baru dibentuk bersama dengan Parto dan Akri. Kelompok lawak ini kemudian muncul pada Televisi Pendidikan Indonesia pada tanggal 10 Oktober 1994. Setelah sukses di dunia lawak, Eko kemudian terjun sebagai presenter dan memulai karir pertamanya dalam program infotainment KISS (Kisah Seputar Selebritis).

Setelah sukses di kedua profesi Eko kemudian membangun rumah produksi yang bernama Ekomando. Tidak hanya itu saja, pada pemilu 2009, Eko Patrio maju sebagai caleg dari pan dengan nomor urut satu untuk daerah pemilihan Jawa Timur VIII. Di tahun 2014 Eko maju sebagai calon legislatif DPR dapil Jawa Timur VIII dan lolos ke Senayan dengan menjadi anggota DPR periode 2014-2019 dengan perolehan suara 69.301 suara. Walaupun Eko Patrio bergelut di bidang politik hingga saat ini ia tetap mengisi beberapa acara salah satunya Famili 100.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + twenty =