Profil & Biografi Tantowi Yahya

Loading...

Tantowi Yahya merupakan pembawa acara televisi terkenal serta ikon musik country di Indonesia. Ia merupakan kakak dari Helmy Yahya yang juga merupakan seorang pembawa acara. Selain pembawa acara televisi, Tantowi Yahya juga merupakan seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia dengan masa jabatan 2014 sampai dengan 2019 dari Partai Golkar. Ia lahir pada tanggal 29 Oktober 1960 di Indralaya, Sumatera Selatan. Serta menikah pada tahun 1990 dengan Dewi Handayari dan mempunyai satu orang anak.

Biografi Tantowi Yahya 1

Ia merupakan putra dari pasangan suami istri bernama Hj. Komariah Yahya dan H.M. Yahya Matusin. Sejak kecil Tantowi sudah menginginkan untuk menjadi seorang yang terkenal. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, saat masih duduk di kelas 2 SMU ia juga mengajar bahasa inggris di tempat kursus. Setelah lulus sekolah, ia melanjutkan pendidikannya ke Akademi Perhotelan di Yogyakarta. Setelah itu, ia pindah ke daerah Jakarta dan mengawali karirnya di sana sebagai resepsionis di Hotel Borobudur Jakarta tahun 1982, lalu pindah ke Hotel Hilton serta perusahaan pita kaset BASF. Setelah beberapa tahun kemudian, ia berhasil menduduki jabatan Promotion Manager. Sembari bekerja, Tantowi mendidirikan usaha yang di bawah bendera PT. Ciptadaya Prestasi. Namun, tidak lama kemudian perusahaan tempat ia bekerja di tutup dan membuatnya hanya melanjutkan perusahaan tersebut. Perusahaan ini bergerak dalam bidang rekaman, artist management, vent organizer, promotion, serta productions house. Beberapa artis yang dibawah bendera dari PT. Ciptadaya Prestasi atau Ceepee adalah Sherina, Molukas, Lusi Rachmawati. Perusahaan ini juga pernah merancang beberapa acara seperti BASF Award 1992-1994, Miss Indonesia Paegeant 1994-1996, 60 Tahun Unilever Indonesia dan masih banyak lagi.

Biografi Tantowi Yahya

Kemampuan bakatnya dalam membawakan acara langsung membuatnya mendapatkan tempat di dunia hiburan tanah air sebagai pendatang baru. Ia mulai terkenal di dunia hiburan ketika ia membawa acara kuis ‘Gita Remaja’ dalam stasiun televisi nasional pada tahun 1989. Kemudian namanya semakin populer ketika ia membawakan acara kuis ‘Who Wants to Be a Millionaire’ selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2001 hingga tahun 2006 dan saat meluncurkan album yang berjudul Country breeze. Tidak hanya berhenti disitu saja, namanya semakin terkenal ketika ia berhasil menerima berbagai macam penghargaan seperti The Most Favourite Television Quiz Host dalam Panasonic Awards 2003-2005 dan 2009, Best Balad and Country Singer AMI-Sharp Award 2002, AMI-Samsung Awards 2004 sebagai Best Traditional Album Singer.

Biografi Tantowi Yahya 2

Pada tahun 2006, Tantowi mendirikan Tantowi Yahya Public Speaking School dengan tujuan dapat menularkan kemampuan berbicara yang baik serta rasa syukur. Pada tahun inilah, ia kemudian ditunjuk sebagai Duta Baca Indonesia oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. sebelum itu ia ditunjuk sebagai ketua Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Amerika (PPIA) masa bakti 2004-2006. Saat pemilu legislatif tahun 2014 berlangsung, ia maju sebagai calon legislatif DPR dapil DKI III yang membuatnya lolos sebagai anggota DPR dalam periode 2014-2019 dengan perolehan suara terbanyak .

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − nine =