Profil & Biografi Pablo Picasso

Loading...

Seorang pelukis revolusioner terkenal di negara Perancis pada abad ke-20 ini bernama Pablo Picasso. Ia lahir pada tanggal 25 Oktober 1881 di Malaga, Spanyol dengan nama langkap Pablo (atau El Pablito) Diego Jose Santiago Francisco de Paula Juan Nepomuceno Crispin Crispiniano de los Remedios Cipriano de la Santisima Trinidad Ruiz Blasco y Picasso Lopez.

Biografi Pablo Picasso 2

Ayahnya merupakan seorang profesor seni yang bernama Josse Ruiz Blasco dan ibunya bernama Maria Picasso Lopez. Bakat melukisnya sudah ada sejak ia masih kecil dan sudah menjadi pelukis handal saat ia berumur belasan tahun. Demi mengasah bakatnya, ia rela berpindah-pindah kota dan negeri. Di usianya yang ke 23 tahun, Picasso pindah ke negara Paris yang merupakan pusat seni di dunia pada masa itu.

FRANCE. Paris. Rue des Grands Augustins. Pablo PICASSO at his studio in front of "La Cuisine". 1948. P-FR-PIC-003[lF][lF]Contact email: New York : photography@magnumphotos.com Paris : magnum@magnumphotos.fr London : magnum@magnumphotos.co.uk Tokyo : tokyo@magnumphotos.co.jp Contact phones: New York : +1 212 929 6000 Paris: + 33 1 53 42 50 00 London: + 44 20 7490 1771 Tokyo: + 81 3 3219 0771 Image URL: http://www.magnumphotos.com/Archive/C.aspx?VP3=ViewBox_VPage&IID=2S5RYD21HSI&CT=Image&IT=ZoomImage01_VForm

Semasa hidup Picasso selama menjadi seniman, ia berhasil menciptakan lebih dari 20.000 hasil seni yang terpisah satu sama lain. Ia menciptakan lebih dari 5 karya seni dalam seminggu, karya-karyanya ternilai sangat mahal dan sangat jauh jika dibandingkan dengan hasil karya seniman lain. Hal inilah yang menyebabkan Picasso menjadi orang yang sangat kaya raya. Selain sebagai seorang pelukis, ia juga melakukan karya pahat, membuat pot, merancang panggung ballet. Lukisan yang dibuat melalui garis dengan menggunakan kapur tulis atau pensil. Ia merupakan seniman yang bisa berganti-ganti gaya lukisan, hal ini yang dikarenakan pengaruh dari pertemanannya dengan Georges Braque. Gaya kubisme yang dipegangnya membuat lukisannya menjadi sulit dikenali seperti lukisan yang berjudul Demoiselles d’Avignon.

Sama seperti seniman lainnya, ia juga tertarik dengan masalah politik. Hal ini terbukti dari hasil karyanya yang berjudul Guernica yang terinpirasi dari kejadian dalam perang saudara yang ada di negara Spanyol dan beberapa karya-karya lainnya. Dengan karya-karya seni yang tergabung dalam beberapa aliran membuat hasil karyanya menjadi seni yang sangat mahal dan membuatnya menjadi terkenal serta diagungkan.

Biografi Pablo Picasso 1

Pablo Picasso merupakan seniman yang melankolis dan mempunyai kepribadian yang egois dan kuat dalam hidupnya. Kepribadiannya yang seperti itu, banyak terlihat dari hasil karya seninya yang terkesan kontroversial dan ekspresif. Sisi melankolis yang pada dirinya juga terlihat dari sifatnya yang sangat sensitif dalam menilai kenyataan hidup. Ia bisa menciptakan berbagai karya yang terinspirasi dari kenyataan hidupnya salah satu contohnya seperti Lukisan Guernica yang menjadi pusat pajangan di Museum Reina Sofia yang merupakan inspirasi tragedi berdarah yang berlangsung pada awal tahun 1930 di daerah Basque, setiap gambar yang ada di lukisan itu mempuyai arti tersendiri. Selain itu, ia juga menjadikan perempuan sebagai sumber inspirasinya. Setiap perempuan mampu memberikan inspirasi yang berbeda-beda seperti kekasihnya yang dijadikannya model lukisannya bernama Marie-Terese Walter dengan hasil karya yang diberikan judul La Reve (mimpi), lukisan ini terjual dengan harga 48.402.500 dolar AS, dan msasih banyak lagi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 6 =