Profil & Biografi Paul Allen

Loading...

Selain Bill Gates, Paul Allen juga merupakan pendiri dari perusahaan Microsoft Corporation. Walaupun ia tidak setenar partnernya Bill Gates, akan tetapi karirnya di dunia bisnis tidak jauh berbeda dengan rekannya itu. Selain menjadi salah satu pendiri dari perusahaan Microsoft, ia juga bergelut dalam bisang industri musik, penerbangan, olahraga, serta aktif dalam kegiatan sosial. Ia lahir pada tanggal 21 Januari 1953 di Seattle, Washington.

Biografi Paul Allen 2

Awal karirnya bersama Bill Gates bermula pada tahun 1974, saat ia berusia 21 tahun. Pada saat itu ia membeli satu buah majalah dan menunjukkan ke Bill Gates, majalah tersebut berisi tentang Altair 8800 yang merupakan Personal Computer pertama di dunia. Mereka berdua sangat tertarik akan isi dari majalah tersebut. Akan tetapi pada saat itu tidak ada software yang dapat menjalankan Altair. Bill Gates dan Paul Allen sangat pandai dalam pemrograman. Mereka menulis bahasa pemrograman tanpa pernah menyentuh Altair sehingga dapat menghasilkan BASIC. Pada tahun 1975, ia dan Bill Gates mendapat kontrak untuk dapat mengisi Altair dengan bahasa pemrograman yang dibuat oleh mereka.

Biografi Paul Allen

Paul Allen merupakan otak atau ide dalam sejarah perusahaan itu. Dengan memiliki pengetahuan dan infrastruktur dalam pengembangan software, ia berhasil menciptakan berbagai macam perlengkapan yang dapat mendukung bisnis ini. Pada tahun 1977, ketika perusahaan Apple mendirikan komputer Apple II yang sudah dilengkapi prosesor yang sangat baik. Paul mempunyai ide untuk dapat mengembangkan kartu plug-in. Dalam hal ini, ia bersama Bill Gates dan Tim Paterson menciptakan Z-80 SoftCard atau disebut juga dengan Microsoft Softcard. Melalui kartu plug-in, software yang bukan untuk perangkat non-Apple dapat dijalankan ke komputer Apple. Tidak hanya itu saja, ia juga menjalin kerjasama bersama dengan IBM ketika mencari sistem operasi untuk dapat mengisi komputer yang dibuat oleh perusahaannya. Pada saat itu, perusahaan yang didirikan oleh Paul dan Bill belum mempunyai sistem operasi, akan tetapi mereka membuat coding dan mengembangkan bahasa pemrograman itu. Sebelum Paul, terdapat perusahaan kecil yang sudah terlebih dahulu mengembangkan sistem operasi dasar, seperti QDOS yang merupakan singkatan dari Quick and Dirty Operating System.

Biografi Paul Allen 1

Setelah mengetahui hal itu, Paul Allen pun melakukan negosiasi dan membeli hak cipta dari QDOS dengan perusahaan itu yang kemudian dikembangkannya lagi menjadi MS-DOS. Setelah berhasil menciptakan software ini, ia kemudian menawarkan ke perusahaan IBM. Hal inilah yang membuat IBM memenuhi syarat dalam industri komputer dengan menggunakan MS-DOS sebagai sistem operasinya. Semakin lama, perusahaan ini terus berkembang dengan pesat.

Setelah 8 tahun di perusahaan Microsoft tepat pada tahun 1983, Paul Allen mengundurkan diri dengan alasan pada saat itu, ia sedang terkena penyakit kanker Hodgkin lymphoma dan alasan lainnya adalah terdapat perselisihan antara Paul allen dengan Bill Gates sehingga membuatnya memutuskan untuk tidak bekerja sama lagi. Setelah mengundurkan diri, ia membangun perusahaan investasi Vulcan Inc, membeli tim football Seattle Seahawks dan tim basket Portland Trail Blazers. Ia juga pernah berinvestasi di studio film DreamWorks dan America Online (AOL). Serta mendirikan Allen Institute for Brain Science dan perusahaan penerbangan bernama Stratolaunch Systems. Berkat kerja kerasnya, ia berhasil masuk dalam daftar orang terkaya di dunia dengan total kekayaan sebesar 15 miliar dollar AS.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 4 =