Profil & Biografi Willy Brandt

Loading...

Willy Brandt merupakan seorang politikus serta kanselir Republik Federasi Jerman. Ia lahir pada tanggal 18 Desember 1913 di Lubeck, Jerman Utara. Kakeknya merupakan seorang aktivis dari Partai Sosial Demokrat (SPD). Ia pertama kali terkenal didunia ketika ia menjadi walikota Berlin Barat pada tahun 1957 sampai tahun 1966. Semasa jabatannya, ia berhasil menciptakan beberapa perubahan untuk kota Berlin Barat.

Biografi Willy Brandt 2

Ia terlahir sebagai Herbert Ernst Karl Frahm dan mulai menjadi seorang sosialis pada tahun 1920. Pada awal tahun 1933, Willy Brant mengubah nama dan melarikan diri ke Norwegia untuk menghindari penangkapan yang dilakukan oleh Nazi. Ia bergabung dalam kelompok penentang Nazi yang radikal seperti, Partai Buruh Sosialis dan SAP. Partai-partai tersebut sangat dilarang dan para pendukungnya dikejar untuk ditangkap ketika Nazi berkuasa pada tahun 1933.

Biografi Willy Brandt 1

Setelah berhasil menaklukkan Jerman atas Norwegia yang dilakukan pada tahun 1940, Willy melarikan diri ke Swedia dan menetap disana sampai tahun 1945. Ia kemudian kembali ke Jerman setelah selesai perang dunia ke II dan sempat bekerja sebagai koresponden untuk media di Skandinavia. Pada awal tahun 1948, ia mengawali karirnya dibidang politik dengan memegang berbagai kantor Partai Sosial Demokrat (SPD) dan kemudian menjadi anggota parlemen Jerman. Pada awal tahun 1960, ia menjadi orang terkenal di Partai Demokrat Sosial serta menjadi kandidat untuk kanselir. Pada pemilu yang berlangsung pada tahun 1961 dan 1965, Willy Brant mengalami kegagalan dalam pemilu. Namun akhirnya, pada tahun 1966, ia berhasil menjadi wakil kanselir dan menteri luar negeri.

Biografi Willy Brandt

Pada tahun 1969, ia terpilih menjadi kanselir serta pada tahun 1970, ia sempat berkunjung ke Polandia dan ikut berkunjung ke tugu peringatan perjuangan Gheto Warsawa. Setelah selesai mengheningkan cipta, ia mundur ke belakang dan kemudian berlutur di tugu sebagai tanda permohonan maaf Jerman kepada korban perang. Pada tahun 1972, ia bisa mempertahankan pos dalam pemilihan umum. Kebijakan pertama yang dibuatnya adalah dengan menjalin hubungan lebih dekat antara Jerman Timur dan Jerman Barat, serta memperbaiki hubungan dengan Uni Soviet dan Polandia. Salah satu asisten pribadinya di tangkap karena sudah menjadi mata-mata dari Jerman Timur pada tahun 1974. Setelah satu bulan kejadian itu terjadi, ia mengambil tanggung jawab dan mengundurkan diri. Walaupun ia sudah mengundurkan diri, Willy Brant tetap menjadi ketua dari SPD sampai tahun 1987. Selain itu, ia juga merupakan anggota Parlemen Eropa dari tahun 1979 sampai tahun 1983. Ia juga menjabat sebagai ketua komisi internasional pada tahun 1977 dan menjadi pemimpin sayap kiri pertama di dalam perpolitikan Jerman. Willy Brant meninggal dunia pada tanggal 8 Oktober 1992 di dekat Bonn dan dimakamkan di kota Berlin.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 3 =