Profil & Biografi Rita Sugiarto

Loading...

Jika Anda sering menonton televisi acara D’Academy dangdut yang ada di stasiun televisi Indonesia tentunya Anda kenal dengan artis cantik bernama Rita Sugiarto. Ia lahir pada tanggal 19 September 1960 di daerah Semarang, Jawa Tengah merupakan seorang pencipta lagu dan penyanyi dangdut legentaris yang sangat dikenal oleh banyak orang. Ia mulai terkenal sejak berduet dengan Rhoma Irama dan mengisi suara dalam film-film Rhoma Irama bernama Berkelana, Gitar Tua dan Darah Muda.

Biografi Rita Sugiarto 2

Bakatnya dalam bidang tarik suara sudah ada sejak ia masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Rita banyak menjuarai berbagai macam festival musik pop dari tingkat kodya Semarang hingga tingkat provinsi. Di usianya yang ke 13 tahun, ia memilih untuk pindah ke Jakarta agar bisa menjadi lebih baik lagi. Saat di Jakarta, ia berduet dengan raja dangdut Rhoma Irama. Hasil dari duetnya itu dirilis dalam album yang berjudul Sang Raja Dangdut yang sangat laris dipasaran.

Biografi Rita Sugiarto

Selama Rita Sugiarto bergabung bersama Soneta pada tahun 1976 sampai dengan tahun 1981, ia berhasil merilis album sebanyak 20 album, diantaranya adalah Darah Muda, Begadang II, dan Gitar Tua. Ia terakhir merilis lagu bersama dengan Rhoma Irama pada tahun 1981 dalam judul lagu pemilu. Rita kemudian memutuskan untuk mengundurkan diri dari duet bersama Rhoma Irama dan menikah dengan Jacky Zimah. Bersama dengan suaminya, Rita mendirikan sebuah Orkes Melayu Jackta Group dan merilis single pertamanya dalam judul Volume 1. Lagu ini bercerita tentang kecintaannya pada suaminya. Lagu yang dirilisnya ini pun berhasil mencuri perhatian banyak orang dan dijual dengan sangat banyak serta menjadi penjualan album dangdut terlaris pada tahun itu. Rita kemudian merilis single Jacky yang sangat terkenal dan sudah beredar dimana-mana bahkan diluar negeri sekalipun.

Biografi Rita Sugiarto 1

Suara khas yang dimilikinya mampu menghantarkannya menjadi artis dangdut terkenal yang sangat di idolakan oleh banyak orang. Bahkan, disaat banyaknya penyanyi-penyanyi dangdut yang masih muda masuk bergabung dalam dunia industri dangdut tidak bisa mengusir posisinya sebagai penyanyi berbakat dan berkualitas yang digemari banyak orang. Lagu-lagu yang dibuat dan di populerkannya, sampai saat ini masih terkenal dan masih dinyanyikan oleh artis-artis dangdut pendatang baru. Rita juga kerap di sapa sebagai Diva Dangdut dengan Elvi Sukaesih sebagai Ratu dangdut.

Sebagai salah satu penyanyi dangdut senior, ia dikenal sebagai sosok low profile yang senang berbagi ilmu kepada penerusnya dalam industri dangdut. Dari pernikahannya bersama dengan Zaky Zimah yang berlangsung pada tahun 1981, ia memperoleh satu orang anak bernama Jerry Zimah yang meninggal akibat terserang penyakit. Rita dan suaminya bercerai pada tahun 2000, akibat dari perceraiaannya itu, ia merasa sangat kecewa dan menuangkan rasa kekecewaannya melalui beberapa lagu, salah satunya adalah Serigala Berbulu Domba.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + 3 =