Profil & Biografi Zumi Zola

Loading...

Siapa yang tidak kenal dengan Zumi Zola yang merupakan seorang entertainment terkenal yang berpindah profesi sebagai sebagai seorang pejabat pemerintahan yaitu sebagai Gubernur kota Jambi. Ia dikenal akan sinetron yang dimainkannya dengan judul “Culunnya Pacarku” yang berlangsung pada tahun 2004, serta pemeran utama dalam sinetron “Ku T’lah Jatuh Cinta” yang berlangsung pada tahun 2006.

Biografi Zumi Zola 1

Aktor ganteng ini lahir pada tanggal 31 Maret 1980 di Jakarta. Ia merupakan seorang anak dari mantan seorang gubernur Jambi yang bernama Zulkifli Nurdin dalam 2 periode berturut-turut yaitu tahun 1999-2004 dan 2005-2010. Setelah menyelesaikan pendidikan sekolahnya di SMAI Al-Izhar Pondok Labu, Jakarta. Zumi melanjutkan pendidikannya ke Institut Pertanian Bogor. Ia sempat di kabarkan dekat dan bertunangan dengan artis Ayu Dewi. Akan tetapi hubungan kasih tersebut tidak berlangsung dengan sangat baik. Pada tanggal 16 Maret 2012, Zumi memutuskan untuk menikah dengan Sherrin Tharia yang merupakan seorang pemain biola dan merupakan putri dari Tengku Malinda seorang mantan penyiar stasiun televisi TVRI. Dari pernikahannya bersama Sherrin Tharia, ia memperoleh satu orang putra yang diberi nama Zameer Zahid Abyadh Zola.

Biografi Zumi Zola 2

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Zumi memutuskan untuk ikut bergabung dalam berbagai macam sinetron dan film layar lebar, diantaranya adalah Disini Ada Setan yang berlangsung pada tahun 2004, Kawin Laris, Merah Putih yang berlangsung pada tahun 2009, Hantu Jatuh Cinta, Disini Ada Setan, Bawang Merah Bawang Putih, Cowok-Cowok Keren, Kehormatan 2, Julia Jadi Anak Gedongan, Si Cecep, Hip Hip Hore, Surga Untukmu, Sweet 17 dan masih banyak lagi.

Biografi Zumi Zola

Selain bermain sinetron, Zumi Zola juga pernah muncul sebagai model video klip yang berjudul “Matahariku” yang merupakan single dari musisi terkenal Agnes Monica. Akan tetapi setelah beberapa lama menyelesaikan video klip itu, Zumi dikabarkan melanjutnya pendidikannya ke London, Inggris. Setelah menyelesaikan pendidikannya di Inggris, ia kembali ke Indonesia untuk melanjutkan karirnya dalam dunia akting dengan bermain di berbagai macam sinetron dan film layar lebar.

Selain dunia akting, Zumi Zola juga pernah menekuni dunia bisnis dengan mendirikan sebuah restoran Jepang sebelum ia akhirnya lebih memilih untuk menekuni dunia politik. Dalam pilkada pada bulan Desember 2015, Zumi bersama dengan pasangannya yang bernama Fachrori berhasil unggul dalam pilkada tersebut. Karir politiknya bermula dengan menjadi kader Partai Amanat Nasional dan kemudian mencalonkan diri dan terpilih sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur bersama wakilnya Ambo Tang dalam periode 2011-2016. Setelah gagal dalam pilkada tersebut, ia kembali mencalonkan diri dan berhasil memenangkan pilkada itu bersama wakilnya Fachrori dengan menjabat sebagai Gubernur kota Jambi untuk periode lima tahun kedepan yaitu dari tahun 2016-2021.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + 17 =