Profil & Biografi Ray Kroc

Loading...

Siapa yang tidak tahu dengan Ray Kroc yang merupakan seorang pengusaha yang sangat terkenal yang sudah membeli McDonald’s Corporation pada tahun 1955. Pengusaha cerdas ini berhasil mengembangkan dan menjadikan restoran ini sebagai the best restoran cepat saji yang paling besar di dunia. Ia lahir pada tanggal 5 Oktober 1902 dan menjadi salah satu tokoh dari 100 orang pendiri dari perusahaan raksaa industri yang sangat berpengaruh dalam majalah Time. Selain itu, ia juga pemilik dari sebuah tim baseball yang bernama San Diego Padres yang sudah berdiri sejak tahun 1974.

Biografi Ray Kroc

Ray lahir pada tahun keemasan dalam kegiatan wirausaha yang mulai berkembang di Amerika Serikat. Saat usianya menginjak umur 15 tahun, ia melamar pekerjaan sebagai sopir ambulance palang merah untuk mengobati tentara yang terluka dalam peperangan. Saat sedang melaksanakan tugas, ia bertemu dengan Walter Elias Disney yang merupakan animator di Amerika Serikat. Agar dapat masuk bertugas sebagai sopir ambulance, ia dan Walt berbohong mengenai umur mereka yang sebenarnya.

Biografi Ray Kroc 1

Setelah perang selesai, ia memutuskan untuk menjadi seorang salesman dengan menjual gelas kertas yang masih sangat baru. Dalam perusahaan ini, ia berhasil menyumbangkan dan membuat perusahaan ini semakin berkembang lebih baik lagi sehingga membuatnya terpilih menjadi karyawan terbaik di perusahaan itu. Disini, ia bertemu dengan Earl Prince yang merupakan penemu mixer yang digunakan untuk membuat milkshake. Pada suatu saat, perusahaan tempat ia bekerja mengalami penurunan sehingga membuat perusahaan ini harus memotong gaji karyawan. Hal inilah yang membuat Ray memutuskan untuk berhenti bekerja di perusahaan ini.

Biografi Ray Kroc 2

Setelah keluar dari perusahaan gelas kertas, ia berusaha agar bisa mendapatkan bisnis lain yang dapat menopang kehidupannya. Ia kemudian memutuskan untuk menemui Earl Prince dan merayu Earl agar memberikannya hak eksklusif untuk dapat memasarkan barang penemuannya yaitu mixer. Setelah berhasil merayu Earl yang membuat penemu mixer ini mengizinkannya. Tahun demi tahun dilaluinya untuk dapat memasarkan mixer ke berbagai tempat. Setelah belasan tahun lamanya, Ray berhasil memasarkan produk milik Earl ke seluruh Amerika.

Saat menjual Mixer, ia menyadari bahwa sebagian besar pembeli alat ini berasal dari restoran yang berpusat di California yang dimiliki oleh McDonald bersaudara. Ia kemudian memutuskan untuk pergi kesana dan mendapatkan restoran yang sudah berhasil mengadopsi sitem membuat burger dan sandwich. Hal ini membuatnya mengajukan diri untuk dapat menjadi terwaralaba bagi McDonals. Pada tahun 1954, ia membuka restoran ini di Des Plaines, Illinois dan pada tahun 1961, ia membeli McDonald’s dari pemiliknya dan terus mengembangkan dan melakukan pembaruan terhadap restoran ini. Setelah sukses dalam dunia lestoran, ia kemudian memutuskan untuk membeli tim baseball San Diego Padres.

Bersamaan dengan suksesnya usaha restoraan, kesehatan Ray semakin memburuk dan mengalami beberapa jenis penyakit. Ia kemudian meninggal dunia pada tanggal 14 Januari 1984 di San Diego, California, Amerika Serikat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × two =