Profil & Biografi Rhoma Irama

Loading...

Siapa yang tidak tahu Rhoma Irama yang merupakan seorang raja dangdut di Indonesia. Ia sangat terkenal akan lagu-lagu akan ciptaannya dan mampu membuat para pendengar musiknya ikut bergoyang. Rhoma lahir pada tanggal 11 Desember 1946 di Tasikmalaya, Indonesia. Ia sudah menikah sebanyak empat kali, istri terakhirnya adalah Marwah Ali. Dari pernikahannya, Rhoma memperoleh lima orang anak.

Biografi Rhoma Irama

Ia merupakan anak dari pasangan suami istri yang bernama Raden Irama Burdah Anggawirya yang merupakan seorang komandan gerilyawan Garuda Putih dan ibunya bernama Tuti Juariah. Ia mengawali pendidikan sekolahnya di SDN Kibono Manggarai, Jakarta dan kemudian SMP Pondok 1, Jakarta. Setelah lulus SMP, Rhoma melanjutkan pendidikannya di SMA Saint Joseph, Solo. Setelah menyelesaikan pendidikannya, ia melanjutkan pendidikan ke Universitas 17 Agustus, Jakarta. Sejak kecil, Rhoma Irama sudah sangat berbakat dalam bidang seni, bahkan ketika kelas 2 SD Rhoma sudah menyangikan lagu-lagu Barat dan India dengan sangat baik.

Biografi Rhoma Irama 2

Bakat musik yang dimilikinya tentu berasal dari keluarga, terutama dari ayah, ibu dan juga pamannya. Sejak kecil, ia senang menyanyikan lagu yang memiliki aliran musik rock Barat, India, pop dan kemudian beralih ke Melayu. Oleh karena itu, lagu yang dirilis dan dibawakannya di atas panggung menjadi lebih dinamis dan menarik. Sejak kecil, Rhoma sering menyanyi di depan kelas dan mengisi acara pesta di sekolahnya. Ia pertama kali menampilkan bakatnya di sebuah acara yang dilaksanakan di Gedung SBKA Manggarai. Rhoma dan musik sudah tidak dapat terpisahkan lagi, bahkan ia pernah dimarahi sama ibunya karena lebih memilih bermain gitar dari pada menjaga adiknya.

Biografi Rhoma Irama 1

Karena hobi yang dimilikinya, Rhoma sempat mendapat larangan dari ayah dan ibunya karena sering menyanyi dengan sangat keras. Karena kurang mendapat dukungan dari ayah dan ibunya, bakat Rhoma lebih berkembang di luar rumah dibandingkan di dalam rumah. Setelah ayahnya meninggal, ibu Rhoma menikah lagi dengan seorang perwira ABRI. Ayah tirinya inilah yang membantu Rhoma untuk mengembangkan bakatnya dengan membelikan berbagai macam alat musik. Selain musik, ia juga sangat ahli dalam silat dan disibukkan dengan adu jotos.

Rhoma Irama melewati masa hidupnya dengan penuh lika liku dan pasang surut. Pada tahun 1970-an Rhoma sudah berhasil menjadi musisi ternama dan seorang penyanyi yang sangat berkualitas. Sebelum menjadi musisi ternama, tentunya Rhoma terlebih dahulu mengalami masa yang sulit dan sudah merasakan jatuh bangun dalam mendirikan band musik. Band yang didirikannya bernama Soneta pada tanggal 13 Oktober 1973 dan berhasil memperoleh 11 Golden Record dari kaset-kasetnya.

Semakin hari bakatnya semakin terasa dan membuatnya menerima banyak penghargaan. Kesuksesannya itu pernah membuat Rhoma mendirikan perusahaan film Rhoma Irama Film Production, akan tetapi rumah produksi itu tidak mampu bertahan lama karena saingan yang banyak. Sekarang, Rhoma Irama lebih banyak menghabiskan waktunya dengan berdakwah baik lewat musik, maupun ceramah.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + twelve =