Profil & Biografi Floyd Mayweather

Loading...

Seorang petinju berkebangsaan Amerika Serikat bernama Floyd Mayweather ini lahir pada tanggal 24 Februari 1977 Grand Rapids, Michigan, Amerika Serikat. Ia berhasil meraih medali perunggu pertamanya dalam kejuaraan tinju Olimpiade Atlanta 1996. Floyd sangat terkenal akan sikap arogan yang dimilikinya, ia mempunyai nama di dalam ring sebagai “Money”, hal ini dikarenakan ia berasal dari keluarga yang sangat kaya raya dan membuat hidupnya penuh dengan uang.

Biografi Floyd Mayweather

Ia dilahirkan dari keluarga yang serba mewah dan bergelimbang harta yang dimiliki oleh ayahnya yang merupakan mantan pesaing kelas menengah. Ayahnya bernama Floyd Mayweather, Sr. Sejak kecil ia sudah sangat menyukai dunia tinju, hal ini berawal dari kejailannya dalam menganggu temannya yang berujung kepada perkelahian. Saat disekolah, Floyd menciptakan berbagai macam kerusuhan. Hobinya dalam berkelahi membuat Floyd semakin tertarik dalam dunia perkelahian. Dengan didukung oleh ayah dan pamannya, ia kemudian memutuskan untuk memfokuskan diri kepada tinju. Floyd kemudian diajarkan oleh ayah dan pamannya berbagai macam teknik yang dapat ia gunakan ketika ingin melawan musuh.

Biografi Floyd Mayweather 2

Semakin hari, bakat yang ia miliki itu terus berkembang semakin pesat, ia tidak hanya berlatih saja melainkan ikut bergabung dalam berbagai macam perlombaan yang ia menangkan. Pada tanggal 18 Juli 2005 sampai dengan tanggal 2 Juni 2008, ia dinilai oleh berbagai macam majalah sebagai nomor satu untuk pound petinju kelas dunia. Ia sudah berhasil memenangkan berbagai macam kejuaraan, terutama mampu meraih enak kejuaraan tinju kelas dunia di lima kelas yang tentunya tidak sama. Floyd adalah mantan dari juara kelas menengah dalam WBC. Dimana gelar itu sudah ditinggalkannya ketika ia pensiun dari dunia tinju.

Biografi Floyd Mayweather 1

Dalam kejuaraan amatirnya, Floyd berhasil meraih rekor 84-6, serta memenangkan Golden Glove kejuaraan nasional pada tahun 1993, 1994, 1996. Karena kelincahan dan bakat tinju yang dimilikinya, membuat Floyd diberi julukan sebagai “Pretty Boy” oleh salah satu rekan tim amatirnya. Bakat, teknik, kelincahannya dalam tinju tentunya berasal dari keluarganya, ia diajarkan oleh ayahnya dan pamanya yang bernama Roger Mayweather . dalam posisi defensif ortodoks, ia menggunakan teknik yang sama dengan James Toney yang sering memanfaatkan bagian tubuh “bahu roll”. Teknik ini merupakan teknik kuno yang sering digunakan oleh sekolah tinju terdahulu, dimana tangan kanan diangkat sedikit lebih tinggi dari biasanya.

Dalam posisi “bahu roll” yang sering digunakan oleh Floyd, tangan kanan akan berguna untuk membuka blokir pukulan atau sebagai penutup wajah seperti pipi sebelah kanan, sedangkan tangan kiri berada di depan, serta bau kiri sedikiti ditinggikan di pipi untuk dapat menutupi dagu dan pipi. Untuk mengelabui lawan, biasanya Floyd melakukan blok dan mengalihkan lawan saat melakukan pukulan, serta digunakan ketika ia terpojok. Sekarang, ia sudah tidak begitu aktif di dunia tinju.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − 9 =