Profil & Biografi Walter Elias Disney

Loading...

Seorang pendiri Walt Disney bernama Walter Elias Disney lahir pada tanggal 5 Desember 1901 di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Ia adalah seorang sutrada, produser, pengisi suara dan seorang animator yang berkebangsaan Amerika Serikat. Walter sangat terkenal akan pengaruhnya terhadapat dunia hiburan pada abad ke 20. Disney sudah menjadi salah satu produser film yang paling terkenal di seluruh negara. Perusahaan yang didirikannya ini kini sangat dikenal dengan nama ‘The Walt Disney Company’ yang mempunyai pendapatan sekitar 35 miliar dalam jangka waktu satu tahun.

Walter Elias Disney biography - Biografía de Walter Elias Disney

Ia adalah anak dari pasangan suami istri yang bernama Flora Call dan Elias Disney. Ayahnya kemudian pindah dari County Huron, Ontario ke Amerika Serikat dengan alasan untuk dapat mencari emas di California. Namun, setelah beberapa lama kemudian, keluarga Walter bekerja sebagai petani di dekat Ellis, Kansas. Setelah beberapa lama kemudian, ayahnya mendapatkan pekerjaan di Union Pacific Railroad. Saat Walter berusia empat tahun, keluarganya pindah ke peternakan di Marceline, Missouri. Sejak kecil, Walter sangat menyukai lukisan, setiap lukisan yang dibuatnya mampu menghipnotis setiap orang yang melihatnya. Saat di Marceliner, ia mengembangkan bakat dan minatnya terhadap seni lukis.

Saat berada di Marceline, ia dan adiknya mengenyam pendidikan pertamanya di Benton Grammar School. Setelah menyelesaikan pendidikan sekolahnya, Walter melanjutkan pendidikannya McKinley High School, serta ikut dalam kursus melukis kelas malam di Chicago Art Institute. Lukisan yang dibuat oleh Walter adalah lukisan kartun yang membuatnya menjadi seorang kartunis yang setiap gambarnya diterbitkan untuk sebuah koran di sekolahnya.

Biografi Walter Elias Disney 2

Saat perang dunia II berlangsung, ia dikeluarkan dari sekolahnya dan kemudian bergabung dalam Angkatan Bersenjata AS. Namun permintaannya tidak dihiraukan dan mendapatkan penolakan karena belum cukup umur untuk dapat bergabung dalam pertempuran itu. Pada tahun 1919, ia kembali ke Kansas City untuk dapat mengawali karir seninya. Setelah mengalami penolakan yang cukup banyak, ia bekerja di Pesmen-Rubin Art Studio yang memiliki tugas sebagai pembuat iklan untuk sebuah majalah, surat kabar dan bioskop. Disinilah, ia bertemu dengan seorang kartunis bernama Ubbe Iwerks.

Pada tahun 1920, mereka menjalin kerjasama dengan mendirikan perusahaan yang bernama Iwerks-Disney Commercial Artists. Namun bisnis yang baru berumur jagung ini tidak mampu bertahan lama karena mengalami masalah tentang keuangan perusahaan. Ia kemudian memutuskan untuk bekerja di Kansas City Film Ad Company dengan bekerja sebagai pelukis karikatur politik di koran. Walter kemudian memutuskan untuk membuka bisnis animasi sendiri yang bekerja sama dengan Fred Harman.

Biografi Walter Elias Disney 1

Setelah melakukan persetujuan dengan pemilik bioskop agar bisa menayangkan kartun yang berjudul Laugh-O-Grams. Kartun pertamanya ini mendapat sambutan hangat bagi para pecinta kartun hal ini menjadikan kartun ini sangat populer di Kansas City. Ia dan beberapa saudaranya memutuskan untuk mengumpulkan uang dan mendirikan studio kartun di Hollywood dengan distributor barunya yaitu Alice Comedies.

Dalam usaha yang baru saja didirikannya ini membuat Walter terus berusaha untuk dapat mengembangkan dan mensukseskan perusahaannya dengan membuat kartun dari beberapa tokoh kartun yang dibuatnya, salah satunya adalah tokoh Micky yang merupakan tikus yang pada mulanya bernama Mortimer. Berkat sejumlah kartun yang berhasil diciptakannya, membuat namanya semakin dikenal oleh banyak orang atas semua karyanya, bahkan karya kartun buatannya ini ditonton sampai saat ini oleh masyarakat di dunia.

Walter juga membuat kartun Dumbo pada bulan Oktober 1941 selama masa perang dunia II dan membuat film package setelah perang dunia II berlangsung, dan berbagai macam kartun lainnya. Ia menikah dengan Lilian Bounds dan mempunyai satu orang putri. Pada tahun 1966, Walter mengalami cidera di bagian leher sehingga membuatnya dioperasi oleh dokter dari rumah sakit yang bernama Providence St. Joseph Medical Center. Selain itu, dokter juga mengatakan bahwa ia mengidap penyakit tumor yang sudah menyebar luar di seluruh tubuhnya. Hal inilah yang membuat Walter meninggal dunia pada tanggal 15 Desember 1966.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × one =