Profil & Biografi Vasco da Gama

Loading...

Vasco da Gama adalah seorang penjelajah yang berkebangsaan Portugis yang berhasil menemukan jalur jalan laut langsung dari benua Eropa ke Malabar, India dengan hanya menggunakan kapal dengan cara melakukan penjelajahan di laut dan mengelilingi benua Afrika agar bisa sampai ke India. Pria ini lahir sekitar tahun 1469 di Sines atau Vidigueira, Alentejo, Kerajaan Portugal. Selain terkenal sebagai penjelajah dunia, ia juga menjadi Raja India yang paling muda.

Biografi Vasco da Gama

Vasco adalah putra dari seorang Estavo da Gama yang merupakan nama ayahnya. Pada awal abad ke 15, sekolah pelayaran Henrique sudah memperluas pengetahuan mengenai Portugal tentang garis pantai benua Afrika. Dengan memperluas garis pantai benua Afrika ini bertujuan agar dapat mengelilingi ujung selatanĀ Benua Afrika agar bisa mendapatkan akses yang lebih mudah untuk memperoleh kekayaan negara India dengan cara mengandalkan rute laut.

Biografi Vasco da Gama 1

Ketertarikannya akan penjelajahan dunia sudah tertanam sejak Vasco masih kecil. Hal ini terbukti atas penantian penantian panjang atas perjalanan laut itu yang sudah dinantikannya sampai usianya menginjak 10 tahun. Penantian lamanya ini membuahkan hasil yang baik, Bartolomeu Dias sudah berhasil kembali ke negaranya setelah melakukan perjalanan dengan mengelilingi Tanjung Harapan. Setelah itu, dia juga menjelajah hingga ke Fish River di Afrika Selatan dan memberikan informasi kalau pantai yang tidak dikenal itu mempunyai panjang yang cukup panjang samapi ke timur laut.

Biografi Vasco da Gama 2

Pada masa pemerintahan Joao II dari negara Portugal juga sangat mendukung akan teori bahwa terdapat jalur darat yang dapat dilewati agar bisa sampai ke negara India dengan menjangkau jalur laut melalui Samudera Atlantik. Manuel I memberikan tugas kepada Vasco agar dapat membuktikan kebenaran dari teori itu.Hal ini merupakan perjalanan pertama Vasco yang berlangsung pada tahun 1497-1499. Selama masa perjalannya, ia mengelilingi tanjung, melewati Mombasa, <alindi dan kemudian sampai ke negara India pada tanggal 20 Mei 1498. Perjalanan yang dilaluinya tidaklah mudah dan saat sampai di India ia berhasil memperoleh surat yang berisi tentang konsensi hak perdagangan setelah mengalami berbagai macam rintangan.

Pada tahun 1499, Vasco berhasil sampai ke negaranya Portugal dan mendapatkan hadiah atas kerja keras dalam mewujudkan rencana yang sudah disusun selama puluhan tahun lamanya. Atas keberhasilannya inilah, ia berhasil mendapatkan gelar Admiral Samudera Hindia dan gelar Dom. Setelah sukses dalam perjalanan panjang pertamanya dalam sebuah kapal, ia kemudian melanjutkan pelayaran keduanya pada tanggal 12 Februari 1502 demi memenuhi kepentingan Portugis. Dalam pelayarannya yang kedua ini, Vasco kembali mengalami kesuksesan dalam pelayaran itu, ia berhasil memenuhi tugasnya dan kembali ke Portugis pada bulan September 1503 dan memperoleh berbagai macam penghargaan.

Setelah sukses dalam pelayaran kedua, ia juga melanjutkan pelayaran ketiganya pada tahun 1524. Vasco menikah dengan Catarina de Ataide dan memperoleh 7 keturunan, dimana 6 anak laki-laki dan 1 anak perempuan, Ia meninggal dunia pada tanggal 23 Desember 1524 di Kochim, India Portugal.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + 19 =