Profil & Biografi Vladimir Putin

Loading...

Vladimir Putin atau Vladimir Vladimirovich Putin lahir pada tanggal 7 Oktober 1952 di St Petersburg. Vladimir menikah dengan Lyudmila Putina pada tahun 1978 dan memperoleh dua orang anak dari pernikahannya itu. Ia sangat terkenal sebagai politikus yang berkebangsaan Rusia yang menduduki jabatan sebagai Presiden Rusia sejak tanggal 7 Mei 2012. Selain itu, ia pernah menjadi Presiden di negara Rusia pada tahun 2000-2008 dan juga pernah menjabat sebagai perdana menteri di Rusia pada tahun 1999-2000 kemudian tahun 2008-2012, serta juga memperoleh jabatan sebagai Ketua Partai Rusia Bersatu.

Biografi Vladimir Putin

Saat kecil, Vladimir sangat akrab disapa dengan nama Leningrad yang merupakan anak tunggal dari pasangan suami istri, dimana ayahnya bernama Vladimir Spiridonovich Putin yang merupakan karyawan lepas di sebuah pabrik, sedangkan ibunya bernama Maria Ivonovna Putina. Ibunya meninggal pada bulan Februari 1999 dan ayahnya meninggal dunia pada bulan Agustus 1999. Sejak kecil, ia sangat menyukai pendidikan bahasa dan olahraga bela diri yang kemudian membuatnya mempunyai bakat dan kemampuan yang sangat baik dalam menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Jerman. Selain itu ia juga berbakat dalam hal bela diri terkhusus bela diri sambo yang merupakan bela diri khas negara kelahirannya dan ilmu bela diri judo.

Biografi Vladimir Putin 2

Ia sosok laki-laki yang tidak suka hal yang berbau negatif, diantaranya seperti mabuk-mabukan dan perokok berat. Setelah menyelesaikan pendidikan sekolahnya, ia melanjutkan pendidikan selanjutnya ke Universitas Negeri di St Petersburg dengan mengambil jurusan hukum. Setelah Vladimir berhasil menyelesaikan pendidikan kuliahnya pada tahun 1975, ia memutuskan untuk bekerja di KGB sebagai intelijen yang ditugaskan di Jerman. Semasa tugasnya ia pernah menjadi saksi saat persidangan yang membicarakan tentang hukuman yang akan dijatuhkan ke Jerman Timur serta kantor KGB yang diblokir oleh massa demonstran yang sangat marah.

Biografi Vladimir Putin 1

Saat persidangan yang berlangsung itu, pihak pemerintah Jerman Timur menghubungi Moskwa untuk meminta pertolongan, namun sayangnya Moskwa tidak memberikan jawaban. Jerman Timur kemudian ditolong oleh pasukan yang berasal dari Uni Soviet. Namun hal ini bukanlah hal yang baik, dengan tidak menjawabnya Moskwa ini menandakan bahwa ia tidak dapat mengambil tindakan dan keputusan apa pun untuk dapat menolong Jerman Timur dan kejatuhan dari pemerintah Uni Soviet sudah menunggu waktu saja.

Setelah mengalami pasang surut dalam dunia politik yang berlangsung, pada bulan Agustus 1999, Vladimir Putin berhasil memperoleh jabatan sebagai Perdana Menteri dengan Boris sebagai presiden. Akan tetapi setelah satu tahun kemudian, Boris mengundurkan dari jabatannya sebagai presiden dan menunjuk Vladimir sebagai presiden. Pada tanggal 26 Maret 2000, ia berhasil memenangkan pemilu yang berlangsung pada tahun itu dan memperoleh kedudukan sebagai presiden. Terdapat beberapa pendapat, salah satunya adalah Boris Yeltsin mengatakan bahwa Vladimir mampu membawa kejayaan di negara Rusia. Selama menjabat sebagai presiden, ia berhasil meluaskan dan mengembangkan Rusia serta menjadikan Rusia menjadi semakin berjaya. Setelah masa jabatannya berakhir, jabatannya sebagai presiden di teruskan oleh Dmitry Medvedev pada bulan April 2008, sedangkan Vladimir diangkat sebagai perdana menteri di Rusia sampai saat ini.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 3 =