Profil & Biografi Winston Churchill

Loading...

Winston Churchill lahir pada tanggal 30 November 1874 di Oxfordshire, Inggris. Ia adalah seorang tokoh politik sekaligus pengarang yang sangat dikenal akan jabatannya sebagai Perdana Menteri Britania Raya saat Perang dunia kedua berlangsung. Dalam perang dunia kedua, peranannya sebagai ahli dalam strategi, diplomat dan orator terkemuka menjadikannya salah satu tokoh yang sangat berpengaruh dalam dunia sejarah dunia. Atas kepandaian yang dimilikinya ini, Winston memperoleh nobel dalam bidang literatur atas sumbangan yang diberikannya dalam setiap buku karangannya yang membahas tentang sejarah dunia.

Biografi Winston Churchill

Winston Churchill mempunyai nama asli Spencer-Churchill yang merupakan keturunan dari keluarga Churchill yang sangat terkenal. Ayahnya bernama Lord Randolph Churchill yang merupakan tokoh politik dan ibunya bernama Lady Randolph Churchill yang merupakan putri dari jutawan asal Amerika bernama Leonard Jerome.

Ia mengawali pendidikannya di sekolah Harrow dan banyak mengahabiskan waktu masa kecilnya disana. Saat berada di asrama, ia sering mengirim surat kepada ibunya untuk mengobati rasa rindunya. Selama bersekolah, ia tidak memiliki prestasi yang sangat cemerlang hal ini dikarenakan Winston terlalu sering mendapatkan nilai yang sangat buruk. Setelah menyelesaikan pendidikannya ia bermaksud untuk mengikuti jejak karir ayahnya sebagai kanselir keuangan. Pada tahun 1912, ayah Winston meninggal dunia dan beberapa lama kemudian ia memutuskan untuk ikut bergabung dalam anggota freemason pada tahun 1895.

Biografi Winston Churchill 1

 

Wiston kemudian memutuskan untuk bergabung bersama tentara militer sebagai Subaltern di regimen kavaleri. Saat bergabung untuk menjadi tentara, ia ditempatkan di Bengaluru, India. Saat berada disana ia banyak menghabiskan waktu untuk bermain piano. Setelah beberapa lama kemudian ia mencari kesempatan agar bisa ikut bergabung dalam peperangan itu. Ia kemudian diputuskan untuk pergi ke Kuba bersama Reggie Barnes dalam memenuhi tugasnya sebagai pengamat perang antara prajurit gerilyawan Kuba dan Spanyol.

Biografi Winston Churchill 2

Pada tahun 1897, ia kembali mendapatkan tugas untuk mengunjungi perang anatara Yunani dan Turki. Akan tetapi, perang ini sudah berakhir sebelum ia tiba disana. Setelah beberapa lama kemudian, ia ditetapkan untuk bertugas menetap di India. Pada tahun 1899, ia memutuskan untuk meninggalkan dinas militernya dan memilih untuk menitis karirnya sebagai parlemen. Winston bergabung dalam partai konsevartif yang ada di Oldham dan menduduki posisi ketiga dalam pemilihan itu.

Pada tahun 1899, Perang Boer antara Britania dan Afrikaners berlangsung. Disini, Winston mendapat pekerjaan untuk dapat menjadi koresponden perang untuk Morning Post dengan menaiki kereta api. Akan tetapi, dalam perjalanan kereta ini diledakkan oleh pasukan Boer, ia berhasil meloloskan diri dan membuatnya menjadi pahlawan nasional. Winston bergabung dalam pertempuran yang berlangsung di Spion Kop. Selama ikut bergabung dalam peperangan itu, ia menerbitkan dua buku tentang perang Boar.

Berkat semua usaha yang dilakukannya membuat Winston menjadi sangat dikenal oleh masyarakat yang kemudian digunakannya agar dapat masuk dalam dunia politik. Ia ikut bergabung dalam beberapa partai selama memulai karir politiknya yang salah satunya adalah partai konservatif. Namun, usahanya untuk bergabung dalam dunia politik mengalami kekalahan di Pemilu Inggris pada tahun 1929. Setelah beberapa lama kemudian ia kembali ikut dalam pemilu pada tahun 1951 melalui Partai Buruh dan kembali mengalami kegagalan. Pada tahun 1965, Winston mengalami stroke yang menyebabkannya sakit parah dan meninggal dunia pada tanggal 24 Januari Wellesley.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × two =