Profil & Biografi Wolfgang Amadeus Mozart

Loading...

Seorang komponis bernama Wolfgang Amadeus Mozart yang mempunyai nama asli Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart lahir pada tanggal 27 Januari 1756 di Salzburg. Ia adalah salah satu komponis musik klasik di Eropa yang paling terkenal dalam kelompok komponis itu dan sangat terkenal dalam sejarah. Seluruh karya yang dibuatnya dianggap dan diakui secara luas sebagai puncak karya musik piano, kamar, paduan suara, dan masih banyak lagi.

Biografi Wolfgang Amadeus Mozart

Sejak kecil, bakat dan kemampuannya dalam mengenal nada dengan sangat tepat dan akurat tanpa bantuan alat musik sudah ada. Ia adalah anak bungsu dari tujuh bersaudara dari pasangan suami istri yang juga seorang komponis penting pada jamannya. Ayahnya bernama Johann Georg Leopold Mozart. Saat ia berusia empat tahun, Wolfgang sudah pandai memainkan harpsichord serta melakukan improvisasi dalam karya musik para pendahulunya.

Biografi Wolfgang Amadeus Mozart 1

Atas kepandaiannya ini membuat Wolfgang kemudian dibawa untuk menghibur raja Bayern Munchen dengan memainkan alunan musik yang diiringin permainan piano. Pada tahun 1762, ia bersama ayahnya pergi ke Wina untuk bermain piano di depan Ratu Maria Theresia yang sangat terpukau akan kelihaian dan kemampuannya dalam memainkan musik. Setelah menghibur Ratu, ia kemudian ikut dalam kontes musik yang berlangsung di Paris selama tiga tahun dan ke London selama satu tahun. Berkat kemampuannya itu, ia disebut sebagai anak ajaib di semua tempat yang dikunjunginya itu.

Biografi Wolfgang Amadeus Mozart 2

Saat ikut dalam kontes yang berlangsung di London, ia bertemu dengan Johann Christian Bach yang merupakan anak dari Johann Sebastian Bach. Berkat simfoni yang berasal dari Bach sangat mempengaruhi simfoni Wolfgang sehingga membuatnya mengubah beberapa piano sonata dari komponis untuk menjadi empat buah piano Concerto pertama pada tahun 1767. Pada tahun selanjutnya, atas permintaan dari seorang Kaisar Wina, ia mengubah Opera buffa.

Pada tahun 1769, ia melakukan perjalan ke negara Italia dan berhasil mendapatkan kesuksesan dalam sebuah pertunjukan yang berlangsung di Milano. Selama perjalanannya pun, Wolfgang berhasil menciptakan berbagai macam simfoni yang dipengaruhi oleh para komponis. Selain itu, ia juga mempelajari tentang Kontrapung bersama dengan guru Komposisi yang bernama Padre Martini. Sebelum ia pergi ke Italia, Wolfgang pernah menjadi tukang musik yang tidak terlalu dihargai oleh banyak orang di Salzburg.

Saat usianya yang terbilang masih muda, ia sudah berhasil menciptakan ratusan komposisi lagu yang sudah banyak dikenal oleh seluruh masyarakat. Pada tahun 1977, ia kemudian memutuskan untuk pergi ke Paris untuk mengembangkan karir musiknya. Disini ia memberikan les privat dan menciptakan berbagai macam lagu, setelah beberapa lama kemudian ia kembali ke Salzburg dan langsung mendapatkan jabatan sebagai organis. Ia kemudian menikah dengan Constanze di katedral St. Stefanus dan memperoleh enak orang anak. Puncak karir Wolfgang pada tahun 1784, saat itu ia membuat dua belas Concerto yang dianggap paling penting. Karirnya semakin lama semakin melonjak tinggi dan membuat Wolfgang menjadi semaking terkenal, namun ini bukan berarti ia terbebas dari kemiskinan. Ia meninggal dunia pada tanggal 5 Desember 1791 pada jam satu pagi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 12 =