Profil & Biografi Andrea Hirata

Loading...

Aqil Barraq Badruddin Seman Said Harum atau Andrea Hirata lahir pada tanggal 24 Oktober 1967 di Belitung. Andrea adalah seorang penulis novel yang sudah merevolusi karya sastra Indonesia yang sudah sangat terkenal di Indonesia dan bakat serta tulisan yang dibuatnya sudah tidak diragukan lagi, bahkan novel pertama yang dibuatnya sudah sangat sukses dan terkenal serta karyanya ini tidak hanya dibukukan melainkan juga dibuat film.

Biografi Andrea Hirata

Nama Andrea Hirata adalah namanya semasa remaja, dia menganggap bahwa nama aslinya itu tidak pantas untuk dirinya, lantas ia meminta izin untuk mengganti namanya. Andrea berasal dari nama perempuan yang menginginkan untuk bunuh diri jika Elvis Presley tidak membalas surat dari perempuan itu. Sedangkan nama Hirata adalah nama kampung yang ada di desanya. Ia adalah anak keempat dari pasangan suami istri bernama Seman Said Harunayah yang merupakan nama ayahnya dan ibunya bernama NA Masturah. Andrea dilahirkan dari keluarga yang terbilang dari kalangan rendah yang tinggal di desa terpelosok di pulau Belitong.

Biografi Andrea Hirata 1

Ia mengenyam pendidikan pertamanya di SD Muhamadiyah, disini ia bertemu dengan gurunya yang bernama Nyi Ayu Muslimah. Gurunya mengajari dan memotivasi semua muridnya dengan semangat dan kerja keras yang tinggi demi mengajari anak muridnya yang tidak lebih dari 11 orang. Semangat dan kerja keras dari ibu gurunya inilah yang membuat Andrea sangat mengagumi sosok dari Nyi Ayu Muslimah dan berjanji kalau dia akan membuat novel yang menceritakan guru yang sangat dikaguminya itu.

Biografi Andrea Hirata 2

Andrea termasuk orang yang mempunyai semangat tinggi agar bisa mendapatkan pendidikan yang baik. Berkat kerja keras dan kemampuannya, Andrea memilih untuk pergi merantau ke Pulau Jawa untuk melanjutkan pendidikan SMAnya. Setelah menyelesaikan pendidikannya ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan Fakultas Ekonomi. Di tempat kuliahnya, Andrea termasuk siswa yang pandai, berbakat, serta aktif dalam berbagai hal. Setelah menyelesaikan pendidikan kuliahnya, ia mendapatkan beasiswa di Universite de Paris dengan mengambil jurusan S2 Ekonomi dan Sheffield Hallam University, United Kingdom. Namun, sebelum melanjutkan kuliah S2, ia bekerja di PT Telkom.

Saat Andrea menyelesaikan pendidikan S2 nya, ia membuat tesis yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia, tesis itu menjadi buku teori ekonomi telekomunikasi yang sudah ditulis oleh orang Indonesia dan mendapat penghargaan dari kedua universitas tempat ia melanjutkan pendidikannya. Bagi Andrea, menulis adalah hobi yang bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun. Tulisan pertama yang dibuatnya adalah kisah tentang kehidupan masa kecilnya dan diberi judul Laskar Pelangi.

Akan tetapi, tulisan yang dibuatnya itu dicuri oleh temannya dan diserahkan ke seorang penerbit. Buku ini ternyata sangat menarik perhatian oleh banyak orang sehingga membuatnya menjadi semakin terkenal. Cerita yang ditulis oleh Andrea ini ternyata juga menarik perhatian seorang produser dan memutuskan untuk membuat film. Dari sinilah awal karirnya dan membuatnya semakin terkenal di industri novel maupun film sampai saat ini.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 3 =