Profil & Biografi Habiburrahman El Shirazy

Loading...

Siapa yang tidak tau dengan penulis novel Ketika Cinta Bertasbih yang bernama Habiburrahman El Shirazy. Ia lahir pada tanggal 30 September 1976 di kota Semarang, Jawa Tengah. Selain penulis, ia juga seorang sutradara, penyair, penceramah, sastrawan. Karyanya yang berjudul Ayat-Ayat Cinta sangat diminati oleh banyak orang, bahkan sampai ke luar negeri.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Setelah menyelesaikan pendidikan sekolah pertamanya, ia melanjutkan pendidikan menengahnya di MTS Futuhiyyah 1 Mranggen. Sambil bersekolah, ia juga ikut belajar di Pondok Pesantren Al Anwar, Mranggen, Demak dan diajar oleh K.H Abdul Bashir Hamzah. Setelah menyelesaikan pendidikannya ia memilih untuk merantau ke kota Surakarta untuk belajar di salah satu madrasah yang bernama Madrasah Aliyah Program khusus. Setelah menyelesaikan pendidikannya ia melanjutkan pendidikannya di Fakultas Ushuluddin dengan mengambil jurusan Hadist Universitas Al-Azhar. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di The Institute for islamic studies.

Biografi Habiburrahman El Shirazy 1

Dari remaja ia sudah sangat gemar menulis, hal ini terbukti ia sudah menulis puisi yang berjudul Dzikir Dajjal saat ia duduk di bangku sekolah dan menjadi sutradara dalam pentas teater. Selain itu, ia juga berhasil meraih juara kedua dalam perlombaan menulis artikel yang berlangsung di Surakarta. Menang dalam perlombaan pidato tingkat remaja di Surakarta dan masih banyak lagi. Selain itu, saat ia sedang duduk di bangku kuliah, ia pernah menjadi pemimpin dari kelompok kajian MISYKATI yang merupakan singkatan dari Majelis Intensif Yurisprudens dan Kajian Pengetahuan Islam.

Banyak prestasi dan kejuaraan, bahkan jabatan dalam sebuah organisasi yang berhasil ia peroleh saat masih remaja. Selain pandai berbahasa inggris dan Indonesia, ia juga pandai dalam berbahasa Arab. Hal ini terbukti saat ia ikut dalam mentashih kamus populer bahasa Arab-Indonesia dan menjadi penyusun Ensiklopedia Intelektualisme Pesantren. Habib juga menekuni sebagai dosen pengajar di lembaga pengajaran bahasa Arab serta mengajar di Islam Abu Bakar Ash Shiddiq UMS Surakarta.

Biografi Habiburrahman El Shirazy 2

Habib tidak hanya menyutradarai teater seni wayang saja, ia juga menyutradarai naskah drama yang berjudul Sang Kyai dan Sang Durjana hasil karya dari Dr. Yusuf Qardhawi, Wa Islama, Darah Syuhada serta menulis artikel yang berjudul Insanniyah Al-Islam. Selain itu, ia juga pernah menjadi ketua dari TIM Modifikasi dan Editor yang berjudul Antologi Puisi Negeri Seribu Menara Nafas Peradaban yang diterbitkan oleh ICMI Orsat Kairo. Ia juga menulis beberapa puisi yang sangat terkenal hingga ke luar negeri.

Banyak karya sastranya yang sangat populer hingga ke luar negeri, diantaranya berjudul Diatas Sajadah Cinta, Ketika Cinta Berbuah Surga, Dalam Mihrab Cinta, Ketika Cinta bertasbih, dan masih banyak lagi. Karya sastranya yang berjudul Ketika Cinta Bertasbih ini mampu memberikannya penghasilan sebesar 1,5 Milyar, sedangkan karya sastranya yang lain hanya mampu memberikan penghasilan kisaran ratusan juta. Saat ini, ia lebih banyak menghabiskan waktu sehari-harinya dengan datang ke beberapa undangan dan mengisi seminar atau ceramah serta sibuk dalam menulis novel dan sutradara.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + fifteen =