Profil & Biografi Agatha Christie

Loading...

Agatha Christie atau Dame Agatha Mary Clarissa Christie lahir pada tanggal 15 September 1890 yang merupakan seorang penulis fiksi kriminal yang berasal dari Inggris. Tak hanya itu, ia juga menulis kisah tentang roman yang bernama Mary Westmacott. Ia terkenal sebagai penulis kisah misteri dan merupakan seorang pengarang yang karya tulisannya sangat laku sepanjang masa. Buku yang ia rilis banyak sekali terjual bahkan lebih dari satu miliar eksemplar dalam bahasa Inggris.

Biografi Agatha Christie

Agatha lahir dengan nama Agatha Miller yang lahir dari keluarga seorang pialang saham Amerika yang bernama Frederick Alvah Miller. Namun ayahnya meninggal dunia ketika Agatha berusia 11 tahun. Sedangkan ibunya bernama Clarissa Clara Margaret Miller yang merupakan putri dari seorang kapten tentara Inggris. Sejak kecil, ia banyak menghabiskan waktu dengan kesendirian dan kebosanan sehingga membuat imajinasinya terus berkembang. Ia tidak pernah sekolah, ibunya lebih memilih untuk mendidik dan mengajari Agatha di rumah. Ibunya mendorong Agatha untuk menulis cerita pendek dan puisi yang dikirimkan ke The Poetry Review namun ceritanya tidak diterbitkan.

Biografi Agatha Christie 1

Berbagai tempat sudah dikirimkan tulisan-tulisannya namun tetap saja tidak diterbitkan. Sehingga pada usianya yang ke 16 tahun, ibunya memutuskan untuk menyekolahkan Agatha di Paris untuk belajar bermain piano dan bernyanyi. Saat bersekolah inilah ia menjadi ahli dalam bermain piano. Namun sayangnya sifatnya yang takut dan pemalu menghalanginya berkarir dalam musik. Setelah menyelesaikan pendidikannya, ia kemudian bertunangan dengan Reggie Lucy yang merupakan seorang mayor di The Gunners. Namun setelah bertemu dengan Archibald Christie, Agatha jatuh cinta dan mereka berdua memutuskan untuk menikah pada tanggal 24 Desember 1914.

Biografi Agatha Christie 2

Ia kemudian menulis novel yang berjudul The Mysterious Affair yang kemudian dikirim ke direktur penerbit buku bernama Tethuen. Namun mengalami penolakan setelah menunggu sekian lama. Tulisan itu kemudian dikirim ke kepala Bodley, setelah merevisi bab terakhir dan beberapa bagian lainnya akhirnya buku ini diterbitkan pada tahun 1920. Ibu Agatha kemudian meninggal dunia pada tahun 1927 dan kemudian ia bercerai dengan suaminya karena beberapa alasan pada tahun 1928. Akibat kejadian itu, mobil Agatha ditemukan di sebuah lereng di sudut Nelands dan kemudian Agatha ditemukan tinggal di sebuah hotel dan megalami amnesia.

Ia kemudian bertemu dengan Max Mallowan dan menikah pada tanggal 11 September 1930. Agatha merilis novel pertamanya dari enam novel roman psikologis. Setelah novel pertamanya ini banyak dikenal dan diminati oleh banyak orang, ia kemudian merilis beberapa novel lainnya yang sangat terkenal salah satunya adalah berjudul Come Tell Me How You Live. Berkat bakat dan kemampuan yang ia miliki, Agatha memperoleh penghargaan Commander of the Order of the British Empire tahun 1956.

Semakin lama, kondisi kesehatannya semakin memburuk dan selama beberapa tahun kemudian iqa meninggal dunia pada tanggal 12 Januari 1976 di Wallingford yang dimakamkan di St Mary Churchyard di Cholsey. Novel nya yang berjudul Sleeping Murder dan Miss Marpleā€™s diterbitkan setelah Agatha meninggal dunia.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 1 =