Profil & Biografi Hilman Hariwijaya

Loading...

Siapa yang tidak kenal dengan penulis bernama Hilman Hariwijaya, yang terkenal akan tulisannya berjudul Lupus yang terdapat di Majalah Hai pada bulan Desember 1986. Tulisan-tulisannya kemudian dibukukan menjadi sebuah novel. Penulis Lupus ini lahir pada tanggal 25 Agustus 1964 di Jakarta, Indonesia. Hilman sangat menyukai dan mengagumi sosok penulis bernama Astrid Lindgren dan Arswendo Atmowiloto.

Biografi Hilman Hariwijaya 1

Sejak kecil, ia sangat suka menulis dari tulisan cerpen, puisi, maupun cerita-cerita drama yang ia tulis. Hilman mulai menyukai majalah remaja sejak muncul rasa ketertarikan dan rasa ingin tahu akan majalah ini sehingga membuatnya mendatangi kantor redaksi Majalah Hai. Setiap pulang sekolah, ia selalu menghabiskan waktunya ke kantor redaksi majalah itu. Sejak itula, ia kemudian sedikit demi sedikit ikut terlibat dalam redaksi majalah hingga menjadi wartawan paruh hari.

Biografi Hilman Hariwijaya

Pada tahun 1978, ia kemudian ikut bergabung dalam sayembara mengarang. Karya pertamanya berjudul “Bian, Adikku yang Tak Pernah Ada”. Dalam sayembara itu ia berhasil menang. Dari karya pertamanya itulah, namanya menjadi terkenal, ia mulai membuat berbagai tulisan-tulisan yang di masukkan ke dalam majalah itu. Karya tulisannya yang paling terkenal dan fenomenal adalah tulisannya yang berjudul Olga dan Lupus yang sangat laris di pasaran. Bahkan tulisannya itu tidak hanya di masukkan ke majalah saja, tapi juga diangkat ke layar lebar.

Tulisannya yang berjudul Lupus menceritakan tentang karakter tokoh laki-laki yang berprofesi sebagai pelajar dan wartawan muda dalam Majalah Hai. Laki-laki dalam cerita ini tinggal bersama dengan mamanya dan satu orang adik yang bernama Lulu. Cerita lupus ini terbagi dalam berbagai macam kisah, diantaranya adalah Tragedi Sinemata, Drakuli Kuper, Krismon, Cinta Seorang Seleb, dan masih banyak lagi. Tulisannya ini tidak hanya ada di dalam majalah saja, melainkan juga difilmkan.

Biografi Hilman Hariwijaya 2

Selain lupus, banyak tulisan-tulisan lain yang diciptakannya seperti Olga yang mengisahkan tentang seorang perempuan yang berprofesi sebagai pelajar dan bekerja sampibngan sebagai penyiar radio di Radio Ga Ga, cerita ini dibukukan pada bulan Juli 1990. Cerita Lulu yang mengisahkan tentang pemekaran dari cerita Lupus. Selain itu, tulisan yang berjudul Keluarga Hantu yang mengisahkan tentang anak hantu yang ingin bergaul dengan manusia, Vanya yang mengisahkan tentang perempuan Jakarta yang kuliah di Bandung, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya bergelut sebagai seorang novelis, suami dari sinetron bernama Nesa Sadin ini juga bergelut sebagai Scripwriter yang berjudul Cinta Fitri yang diperankan oleh Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu. Kemudian ia juga menjadi penulis skrip Arti Sahabat, Melati untuk Marvel, dan masih banyak lagi. Setelah tidak aktif lagi dalam dunia novel, ia sekarang lebih menekuni dunia pertelevisian sebagai penulis skenario dan sebagai produser di berbagai film.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − 1 =