Profil & Biografi Genghis Khan

Loading...

Genghis Khan yang mempunyai nama asli Temujin ini lahir sekitar tahun 1162 M atau 1167 M yang merupakan seorang ketua militer yang mampu menyatukan bangsa Mongolia serta mendirikan kekaisaran Mongolia dengan menaklukkan wilayah Asia Utara seperti Dinasti Jin, Asia Tengah, Mongolia, xia barat, persia. Genghis Khan adalah kakek dari Kubilai Khan yang merupakan pemerintah Tiongkok saat Dinasti Yuan di China.

Biografi Genghis Khan 2

Nama lahir Temujin diambil dari nama musuh yang sudah dibunuh oleh ayahnya bernama Yesugei dan ibunya bernama Holun. Kehidupan mereka berpindah-pindah tempat. Saat ia berusia 9 tahun, Genghis Khan dijodohkan dengan Borte yang merupakan putri dari suku Onggirat. Ayahnya meninggal dunia karena sudah diracuni oleh Suku Tartai saat ia pergi ke Suku Onggirat.

Sebelum ayahnya meninggal dunia, ayahnya berpesan untuk membalaskan dendamnya kepada Suku Tartai di masa depan. Kehidupannya pun semakin rumit setelah hak kekuasaannya direbut oleh orang lain karena faktor umur yang masih terlalu mudah. Hal ini membuat ia dan keluarganya diusir dari tempat tinggalnya. Sejak saat itu, kehidupan keluarganya menjadi semakin menderita, ia dan saudaranya hidup dengan berburu. Saat Tamujin tumbuh menjadi pria dewasa, Suku Borjigin mengirim pasukan agar bisa membunuh Tamujin.

Biografi Genghis Khan 1

Ia berhasil ditangkap dan disekap oleh pasukan Borjigin. Namun berhasil lolos karena bantuan orang yang setia dengan ayahnya. Ia berusaha mengumpulkan kekuatannya untuk merebut kekuasaan yang seharusnya menjadi miliknya. Tentunya hal ini tidak sendirian, ia dibantu oleh saudara angkatnya ketika merebut posisi kekuasaan dan perserikatan Mongolia yang didirikan oleh ayahnya.

Namun, ternyata musuh terbesar Temujin adalah saudara angkatnya sendiri. Saudaranya itu mengumbarkan kebohongan di depan ayah angkatnya dan anggota keluarga lainnya. Setelah berhasil menyisihkan musuhnya dan melaksanakan semua perintah ayahnya, ia pun membalas kematian nenek moyangnya yang sudah dibunuh oleh kerajaan Jin. Ia kemudian diangkat menjadi Khan yang berarti segala-galanya dengan gelar yang didapatkannya Genghis Khan.

Genghis Khan statue in the new exhibit Genghis Khan opens at the Field Museum in Chicago, Tuesday, February 21, 2012. The exhibit runs from February 24 through September 3. The exhibit showcases the largest single collection of 13th century Mongolian artifacts and educates visitors on Khan's empire. (Heather Charles/ Chicago Tribune) B581885601Z.1....OUTSIDE TRIBUNE CO.- NO MAGS, NO SALES, NO INTERNET, NO TV, NEW YORK TIMES OUT, CHICAGO OUT, NO DIGITAL MANIPULATION...

Selama menjabat, ia berhasil menguasai wilayah Cina lebih dari 100 tahun, ia juga berhasil meruntuhkan berbagai peperangan dan kekuatan kerajaan jin saat peperangan berlangsung. Kejayaannya itu semakin terungkap dan terbukti. Ia juga melakukan invasi ke Kerajaan Khawarezmia dengan ratusan ribu tentara pilihan yang kemudian mengusai wilayah Iran selamat beberapa menit kemudian.

Genghis Khan juga sempat memerintah kedua jendralnya untuk membasmi sisa musuh sampai wilayah Russia. Dimana masa tuanya ia terakhir memimpin pasukan untuk dapat menghancurkan kekhalifahan Abbasiyah. Namun, saat diperjalanan ia terjatuh dari kuda dan pemakamannya pun dirahasiakan agar tidak diketahui orang lain.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − five =