Profil & Biografi John Lennon

Loading...

John Lennon adalah seorang penyanyi, pencipta lagu dan seorang aktivis politik yang sangat terkenal di seluruh dunia dengan menduduki jabatan sebagai pemimpin dari The Beatles. Ia bersama dengan Paul McCartney merupakan pencipta lagu yang paling berhasil dan sangat terkenal hingga saat ini. Selain itu, ia juga sangat sukses dengan menjadi penyanyi solo. Salah satu lagu yang sangat terkenal sampai saat ini adalah Imagine yang menjadi lagu himne perdamaian dunia.

Biografi John Lennon 1

Ia dilahirkan dari keluarga yang berprofesi sebagai pelaut, dimana ayahnya bernama Alfred Lennon dan ibunya bernama Julia Stanley. Saat ibunya bertemu dengan John Dykins, ia dan ibunya pindah dan tinggal bersama pria itu yang dikarenakan status ibunya yang merupakan istri dari Alfred. Ia dibesarkan oleh bibinya dengan didikan yang tegas sehingga membentuk kepribadiannya menjadi seorang pria yang tegas. Karena perbedaan tempat tinggal antara ibu dan bibinya membuatnya harus bolak-balik yang kemudian memperkenalkannya dengan alat musik banjo dan piano.

Saat ia berusia 17 tahun, ibunya meninggal dunia karena ditabrak oleh pengendara yang sedang mabuk. Hal inilah yang menjadi alasan merosotnya nilai pelajaran di sekolahnya. Ia kemudian dipindahkan ke Liverpool College of Art dan bertemu dengan Cynthia Powell yang kemudian menjadi istri pertamanya. Namun, saat menjalankan pendidikan disini ia tetap saja tidak serius yang membuatnya keluar sebelum menyelesaikan pendidikannya.

Biografi John Lennon

Pada tahun 1957, ia kemudian memutuskan untuk membuat sebuah band yang menggunakan alat rumah tangga bersama temannya di Quarry Bank Grammar School. Band ini kemudian mulai mengisi acara yang ada di beberapa gereja. Disinilah ia bertemu dengan McCartney yang juga kehilangan ibunya karena penyakit kanker saat ia berusia 15 tahun. Dari pengalaman dan keakraban yang dimilikinya membuat mereka menulis lagu bersama-sama.

Grub band yang dibuatnya itu lama kelamaan berisi orang-orang yang pandai dan ahli dalam menyanyi, instrumen maupun memainkan alat musik. Selama perjalanannya, grup ini mengalami pasangan surut yang luar biasa karena personil yang datang dan pergi membuat nama band ini terus berubah. Meskipun begitu, band ini tetap menjadi salah satu band yang sangat digemari oleh banyak orang karena lagu-lagunya yang berkualitas.

Biografi John Lennon 2

Setelah sukses dalam grup band tersebut, John kemudian memutuskan untuk mengawali merintis karir solonya dengan merilis album berjudul Rock n Roll. Pada tahun 1980, ia memutuskan untuk pensiun sebagai penyanyi dan lebih memfokuskan dirinya sebagai penulis lagu saja. Dalam kehidupan pribadinya, ia menikah sebanyak 4 kali dan mempunyai anak dari setiap pernikahannya itu. John bercerai dengan istrinya karena beberapa alasan dimana salah satunya yaitu masalah istrinya selingkuh dengan asisten pribadinya.

John Lennon meninggal dunia karena ditembak mati oleh Mark David Chapman sebanyak 4 kali berturut-turut di depan apartemennya yang ada di New York tepat pada tanggal 8 Desember 1980.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 2 =