Profil & Biografi Mao Zedong

Loading...

Mao Zedong lahir pada tanggal 26 Desember 1893 di Shaoshan, Hunan. Ia adalah seorang tokoh filsuf dan merupakan pendiri dari Negara Republik Rakyat Tiongkok. Zedong juga pernah menjabat sebagai ketua Partai Komunis China dari berdirinya negara itu tepat pada tanggal 1949. Selain itu, ia juga terkenal akan teori Marxis Leninis, kebijakan politik, serta strategi militer yang dimilikinya.

Biografi Mao Zedong

Ia terlahir dari keluarga petani yang sangat miskin sehingga membuatnya harus bekerja keras agar bisa bertahan hidup. Dari pengalaman masa kecilnya inilah yang membuat Zedong tidak mudah menyerah dan gigih untuk bisa meningkatkan kehidupan ekonomi keluarganya. Saat kecil, ia mengawali pendidikan sekolahnya di sekolah dasar yang dekat dengan rumahnya, disana ia belajar ajaran Klasik Konfusianisme.

Namun hal itu tidak berlangsung lama, ayahnya kemudian menyuruhnya untuk berhenti sekolah dan menyuruh Zedong untuk bekerja di ladang membantu ayahnya. Keinginan dari ayahnya ini membuat Zedong memberontak dan menguatkan tekatnya agar bisa menyelesaikan pendidikan sekolahnya bagaimana pun caranya, meski ia harus lari dari rumahnya dan melanjutkan pendidikan sekolahnya di tempat yang baru.

Biografi Mao Zedong 1

Pada tahun 1905, ia ikut dalam berbagai ujian negara yang menghapus paham mengenai konfusianisme lama dengan menggantikan pendidikan gaya Barat. Zedong ikut terlibat dalam Revolusi Xinhai yang merupakan revolusi untuk melawan Dinasti Qing yang berujung pada runtuhnya Kekaisaran Tiongkok yang sudah berkuasa sejak tahun 221 SM. Pada tahun 1912, Republik Tiongkok akhirnya diproklamasikan oleh Sun Yat Sen dan berhasil masuk ke zaman republik.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di Universitas Beijing, ia kemudian mendirikan Partai Mao pada tahun 1921 yang semakin hari semakin mendapat banyak kedudukan oleh masyarakat Tiongkok. Zedong juga ambil ahli dalam memenangkan peperangan atas Tiongkok pada tahun 1949. Pada tanggal 1 oktober 1949, pemimpin Tiongkok Nasional yang bernama Chiang Kai Shek melarikan diri ke Taiwan karena alasan tertentu.

Biografi Mao Zedong 2

Walaupun ia bukan seorang filsuf, Zedong lebih banyak berfikir mengenai materialisme dialektik yang menjadi dasar sosialime dalam penerapan gagasan orisinil. Konsep filsuf terpenting yang dikeluarkan Zedong bagi masyarakat Tiongkok adalah mengenai konflik yang bersifat semesta dan absolut. Hal ini ada dalam proses perkembangan semua barang dan merasuki semua proses dari awal sampai akhir. Konsepnya yang tidak kalah penting lainnya adalah konsep mengenai pengetahuan yang diambil dari Marxisme.

Setelah memberikan berbagai filsafah dan pandangan politik ke masyarakat, ia berhasil menjabat sebagai Presiden Tiongkok. Selama menjabat menjadi seorang presiden ia turut ikut campur dalam mengembangkan Tiongkok dan membuat Tiongkok menjadi salah satu negara maju. Namun, ada beberapa kebijakan yang dibuatnya tidak berhasil diwujudkan karena beberapa alasan teretentu. Pada tanggal 9 September 1976 di Beijing, Mao Zedong meninggal dunia.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 2 =