Profil & Biografi Michelangelo Buonarroti

Loading...

Michelangelo Buonarroti lahir pada tanggal 6 Maret 1475 di Caprese dekat Arezzo, Republik Florence. Ia adalah seorang pemahat, arsitek, pelukis dan terkenal akan sumbangan ilmu pendidikannya mengenai anatomi dalam seni rupa. Dari semua karya yang sudah ia buat terdapat beberapa karyanya yang dianggap paling baik yaitu Pieta, Patung David, serta Fresko yang ada di langit-langit Kapel Sistina.

Biografi Michelangelo Buonarroti

Ia terlahir dari keluarga yang mempunyai latar belakang sebagai pegawai hukum yang ada di Caprese dan merupakan keluarga bangsawan rendah atau minim. Ayahnya bernama Lodovisco di Leonardo di Buonarotti di Simoni, sedangkan ibunya bernama Francesca di Neri del Miniato di Siena. Pada awalnya, ayah Michael menginginkan agar dirinya lebih berkonsentrasi terhadap profesi yang dianggapnya sangat penting dan mampu membuat Michel menjadi lebih mapan.

Namun Michel tidak menyukai hal itu dan lebih menyukai seni rupa yang dibina oleh Domenico Ghirlandaio dan Bertoldo di Giovanni. Setelah mendapatkan pendidikan dan ajaran yang cukup, ia kemudian membuat beberapa karya seni yang sangat mengagumkan banyak orang saat umurnya masih remaja. Namun, hal ini belum membuat namanya menjadi dikenal masyarakat.

Biografi Michelangelo Buonarroti 2

Ciri Perfeksionisme yang ada di dalam bakatnya ini dipengaruhi oleh Lorenzo de Medici dan digantikan dengan Piero de Medici setelah Lorenzo meninggal. Namun, Michel tidak menyukai guru barunya itu dan memutuskan untuk keluar dari binaan keluarga Medici. Keruntuhan ini, membuat ajaran para pendeta Savonarola menentang unsur seni klasikisme di dalam gereja yang dianggap banyak demoralisme atau unsur erotisme.

Karena hal inilah, ia memutuskan untuk mengembangkan bakatnya sendirian di dua kota sekaligus yaitu Bologna dan Venice. Saat berada disana, ia kemudian terlibat penipuan patung yang kemudian dibeli oleh pihak gereja. Atas apresiasinya ini, ia berhasil memperoleh penghargaan dan dipercayakan untuk membuat patung Bacchus.

PENTAX Image

Pada bulan November 1497, duta besar yang ada di Perancis meminta Michel membuat sebuah Pieta atau patung Bunda Maria yang menangis akan kematian Yesus. Pada masa inilah ia mendapatkan apresiasi yang sangat baik. Sehingga pada tahun 1504, Michel mulai untuk mengerjakan karyanya yang paling terkenal yaitu David dan kemudian dipajang di sebuah Piazza Della Signoria yang menjadi sebuah simbol kekuatan republik atas ancaman dari daerah Romawi.

Michel kemudian dipanggil ke Roma pada tahun 1503 untuk dapat menyelesaikan peristirahatan Paus dan beberapa tugas lainnya seperti pembuatan Fresko yang ada di dinding Kapel Sistina. Karyanya ini d kerjakan dari tahun 1508 sampai dengan 1512 dengan bagian terakhir yang belum diselesaikannya sampai masa Paus Paulus III dimulai. Setelah beberapa lama mengalami kejayaan, Michelangelo Buonarroti meninggal pada tanggal 18 Februari 1564.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × three =