Profil & Biografi Mohammad Hatta

Loading...

Mohammad Hatta atau lebih dikenal dengan sebutan Bung Hatta ini lahir pada tanggal 12 Agustus 1902 di Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Ia adalah Wakil Presiden Indonesia pertama kali dan merupakan salah satu pejuang kemerdekaan di negara yang kita cintai ini. Selain menjabat sebagai wakil presiden, ia juga menjabat beberapa jabatan penting di berbagai organisasi yang ada di Indonesia pada saat itu. Atas dedikasi dan semangat juang yang ada pada dirinya, nama bandar udara internasional yang ada di Jakarta menggunakan nama Soekarno-Hatta sebagai penghormatan jasa-jasa beliau.

Biografi Mohammad Hatta

Hatta terlahir dengan nama Muhammad Athar dan merupakan anak kedua dari pasangan suami istri yang bernama Siti Saleha dan Muhammad Djamil. Sejak kecil, Hatta sudah dididik menjadi sosok pria yang sangat taat beragama Islam. Namun, saat Hatta masih berumur tujuh bulan ayahnya meninggal dunia. Setelah itu, ibunya menikah lagi dengan seorang pedagang asal Palembang bernama Agus Haji Ning.

Ia pertama kali mendapatkan pendidikan formal di sebuah sekolah swasta selama beberapa bulan dan kemudian pindah ke sekolah rakyat. Kemudian, ia pindah ke ELS yang ada di Padang sampai tahun 1913. Setelah menyelesaikan pendidikan sekolahnya, ia kemudian melanjutkan pendidikannya di MULO sampai tahun 1917. Selain belajar mengenai ilmu pengetahuan, ia juga belajar ilmu agama bersama para ulama. Mohammad Hatta kemudian melanjutkan pendidikannya di Prins Hendrik School dan kemudian pindah untuk memperdalami ilmu agama di Mesir.

Biografi Mohammad Hatta 1

Pada tanggal 18 November 1945, ia menikah dengan Rahmi Hatta dan memperoleh 3 orang anak dari pernikahannya. Saat melanjutkan pendidikan sekolahnya di Universitas yang ada di Belanda, ia masuk ke beberapa organisasi politik yang ada disana dan sempat mengalami beberapa kali perubahan nama dan terakhir berubah menjadi Perhimpunan Indonesia. Pada tahun 1926, ia menjabat sebagai pimpinan perhimpunan Indonesia selama beberapa periode. Saat menjabat, ia turut bergabung menghadiri rapat dan musyawarah penting bersama partner lainnya.

Setelah beberapa lama kemudian Hatta memutuskan untuk mundur dari jabatannya dan memutuskan untuk kembali ke Belanda setelah beberapa tahun. Selama hidupnya, ia berpindah-pindah tempat untuk menjalankan berbagai tugas politik bersama partnernya. Hatta juga membuat beberapa kebijakan penting demi membuat Indonesia menjadi negara yang dapat berkembang dan membebaskan Indonesia dari berbagai penjajah yang masuk ke Indonesia.

Biografi Mohammad Hatta 2

Demi mewujukan keinginannya itu, ia bersama rekan kerjanya termasuk para pahlawan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dengan sangat matang, walaupun mengalami masa sulit yang tidak henti-hentinya. Namun kerja keras semua pahlawan Indonesia termasuk dirinya, membuah hasil yang sangat manis. Indonesia berhasil memperoleh kebebasan kemerdekaannya yang membuat Hatta menjabat sebagai Wakil Presiden dan Soekarno sebagai Presiden.

Setelah beberapa lama ikut dalam mengembangkan dan menstabilkan Indonesia, ia memutuskan untuk mundur dari jabatannya pada tanggal 1 Desember 1956 dan memfokuskan menjadi penulis buku serta menjadi seorang guru. Pada tanggal 14 Maret 1980 ia meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta Selatan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − 1 =