Profil & Biografi Enzo Ferrari

Loading...

Enzo lahir pada tanggal 18 Februari 1898 di Modena, Italia. Ia adalah seorang pendiri tim balap bernama Scuderia Ferrari dan kemudian merambah dunia bisnis dengan menjadi produsen mobil super bermerk Ferrari. Namun, saat ia masih kecil ayahnya meninggal dunia karena terserang wabah flu. Enzo sangat terkenal akan perusahaan yang ia dirikan dengan membuat beberapa mobil sport, mobil super, mobil balap yang diberi lambang kuda jingkrak.

Biografi Enzo Ferrari 1

Enzo tumbuh dewasa dengan sedikit mengenyam pendidikan formal karena terbatas oleh beberapa alasan. Walaupun seperti itu, ia mempunyai hasrat yang sangat kuat untuk bisa menjadi pembalap. Semakin hari keuangan keluarganya semakin menipis, Enzo kemudian berinisiatif untuk mencari pekerjaan di sebuah perusahaan mobil yang ada di Italia. Namun usahanya ini gagal dan ia kemudian menemukan sebuah pekerjaan di sebuah perusahaan mobil bernama CMN, dimana perusahaan mobil ini mendesain truk bekas menjadi mobil yang lebih kecil.

Biografi Enzo Ferrari 2

Pada tahun 1920 Enzo meninggalkan CMN dan memfokuskan dirinya untuk menjadi pembalap di tim Alfa Romeo dan berhasil meraih kesuksesan lebih dari sebelumnya. Pada tahun 1923, Enzo ikut dalam balap mobil di Ravenna dan kemudian mendapatkan penghargaan berupa kuda jingkrak dan mendekorasi pesawat Francesco Barraca. Logo inilah yang digunakannya untuk menjadi logo mobil yang dibuat dari perusahaannya.

Demi kesuksesan dan kemajuan perusahaan yang didirikannya, Enzo lebih berhati-hati dalam mengatur kegiatan perusahaan itu serta membentuk tim yang lebih dari 40 pembalap dan melanjutkan karirnya sebagai pembalap sampai tahun 1932. Namun, perusahaan tempat ia bekerja mengalami masalah finansial yang membuat Alfa menarik diri. Pada tahun 1937, Alfa menerima kontrol mengenai usaha balapnya yang menyebabkan Enzo menjadi direktur olahraga di bawah pimpinan teknik alfa direktur.

Biografi Enzo Ferrari

Selama perang dunia berlangsung, perusahaannya ikut dilibatkan dalam produksi perang dan berpindah dari Modena menjadi Maranello namun tidak lama kemudian, Enzo diminta untuk menahan reputasi orang fasis dan mendirikan Ferrari pada tahun 1947. Namun saat tahun 1960 pemerintahan mengalami masalah pembiayaan dan permintaan yang tidak cukup sehingga membuat Enzo membolehkan Fiat untuk mengambil perancang di perusahaan.

Namun beberapa saat kemudian, Enzo menarik kembali yang memicu keputusan perusahaan mesin arungan. Ia menjabat menjadi direktur sampai tahun 1971 dan pada tahun selanjutnya ia mengundurkan diri dari jabatannya itu. Walaupun begitu, ia tetap mempunyai peran penting di perusahaan itu sampai kematiannya. Ia meninggal dunia pada tangal 14 Agustus 1988 di Modena.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − eleven =