Profil & Biografi Levi Strauss

Loading...

Levi Strauss merupakan seorang produsen pakaian yang berasal dari negara Amerika Serikat yang lahir di negara Jerman dengan hasil produksi celana merk jeans Levi’s. Levi terlahir dengan nama Lob Straub pada tanggal 26 Februari 1829 di Buttenheim, Bayern dan merupakan keturunan keluarga Yahudi. Bersama dengan ibu dan saudaranya, ia memutuskan untuk pindah ke kota New York, Amerika Serikat. Saat disana, ia mengganti namanya menjadi Levi Strauss dan pindah ke San Fransisco pada tahun 1853 untuk membuka perusahaan.

Biografi Levi Strauss

Levi adalah anak dari pasangan suami istri bernama Hirsch Strauss dan Rebecca Strauss. Setelah menyelesaikan pendidikan sekolahnya ia bersama dengan ibu dan sudaranya memutuskan untuk pindah ke negera lain yaitu Louisville, San Fransisco untuk mulai berdagang bisnis yang dimiliki oleh saudaranya di Kentucky. Keputusannya inilah yang membuatnya resmi menjadi warga negara Amerika pada bulan Januari 1853.

Biografi Levi Strauss 2

Pada awalnya celana jeans berasal dari Genoa, yang merupakan tempat celana jeans diproduksi. Celana jeans ini pada awalnya hanya digunakan oleh para angkatan laut yang bisa digunakan pada saat basah ataupun kering. Di negara Perancis, masyarakat menyebut celana jeans dengan nama celana biru atau Belu de Gnes. Di usianya yang semakin dewasa, ia memutuskan untuk pergi ke California dengan membawa beberapa barang jualan miliki saudaranya yang akan dijualnya. Ia akhirnya sampai di sana dengan menjual seluruh barang dagangannya dan tersisa segulung kanvas.

Saat disana, ia mencoba untuk membuat segulung kanvas itu menjadi celana yang dapat digunakan oleh para pekerja tambang. Celana hasil buatannya pun laku keras disana karena dipercaya memiliki tekstur bahan yang tidak mudah sobek dan tahan lama. Namun masih ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh celana hasil karya Levi. Ia pun kembali membuat celana dengan menggunakan bahan lain yang sengaja ia pesan dari Genoa Italia.

Biografi Levi Strauss 1

Bahan yang dibelinya itu dikenal dengan nama genes. Levi kemudian mengubah namanya menjadi Jeans dan mulai membuat celana jeans dengan merk Levi’s. Celana pertama yang dibuatnya adalah Levi’s 501 dengan dilengkapi 5 saku dengan 2 saku di belakang, 2 di depan, dan 1 saku kecil di dalam saku depan. Dalam waktu yang singkat celana Jeans ini menjadi sangat terkenal dan sangat diminati oleh banyak orang.

Dalam menjalankan bisnis ini ia kemudian mengajak Davis dan mendapatkan hak paten pada tahun 1873. Hasil karyanya ini bahkan menjadi produk celana kerja yang memiliki kualitas terbaik dan sangat diminati oleh banyak orang. Seiring dengan berjalannya waktu bahan yang digunakan oleh produk ini diganti dengan bahan denim. Berkat karyanya ini, Levi menjadi orang kaya. Levi tidak pernah menikah dan meninggal dunia pada tanggal 26 September 1902 dan mewariskan usahanya ke empat keponakannya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + six =