Profil & Biografi Peter Henlein : Penemu Jam Tangan

Loading...

Peter Henlein adalah seorang tukang kunci dan yang terkenal sebagai penemu dan pembuat jam yang lahir sekitar tahun 1485 di Nuremberg, Jerman. Peter dianggap sebagai orang yang sudah berhasil menemukan jam. Walaupun ada orang lain yang sudah menumakan dan memiliki ide yang sama seperti dirinya. Namun, setelah dilakukan penelitian mengenai penemu jam, Peter terbukti sebgaai orang yang sudah berhasil menemukan jam.

Biografi Peter Henlein 1

Peter merupakan pengrajin pertama yang membuat taschenuhr hias kecil atau jam portabel yang biasanya digunakan di liontin dan melekat pada pakaian yang dianggapnya sebagai jam tangan pertama. Saat ia masih muda, Peter pernah ikut magang sebagai tukang kunci. Pada zaman itu, tukang kunci merupakan pengrajin yang memiliki keterampilan dan kemampuan dan merupakan bidang baru dalam membuat jam dan Heinlein termasuk membuat jam.

Biografi Peter Henlein

Pada tanggal 7 September 1504, Peter terlibat dalam kasus perkelahian antara tukang kunci yang berujung dengan meninggalnya George Glaser. Peter kemudian mencari suaka di sebuah biara Fransiskan lokal yang tinggal disana selama empat tahun lamanya yaitu sampai tahun 1508. Pada tahun berikutnya, Peter memutuskan untuk menjadi guru di sebuah sekolah bernama the city’s locksmith guild. Namun namanya tetap dikenal sebagai pembuat jam hias portable yang memiliki ukuran kecil saat musim semi dengan tenaga kuningan.

Pada saat itu, jam yang berhasil ia buat itu termasuk dalam kategori jam langkah dan memiliki harga yang sangat mahal. Pada saat itu, jam menjadi salah satu perhiasan yang sangat modis dan hanya digunakan oleh para bangsawan. Saat itu, jam digunakan dan diletakkan sebagai liontin yang melekat pada pakaian. Hasil karyanya mengenai jam itu dianggap menjadi jam tangan pertama yang ada di dunia walupun memiliki ukuran yang lebih panjang yaitu sekitar 3 inch sehingga membuat jam ini tidak bisa dimasukkan ke dalam saku celana dan baju.

Biografi Peter Henlein 2

Jam liontin ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran jam saku yang muncul pada abad berikutnya. Hal ini tentunya terdapat perbaikan dan penyempurnaan pada jam dari tahun ke tahun. Nama Peter Henlein masuk dalam catatan kota yang disebut sebagai pemasok jam semi driven berukuran kecil. Dimana jam ini adalah pemberian hadiah ke orang-orang penting. Peter diduga sebagai pengrajin pertama yang sudah berhasil membangun clockworks yang kemudian menjadi Bisamkopfe.

Jam semi driven ini dibuat dengan menggunakan wadah kecil yang terbuat dari logam mulia untuk desinfektan atau wewangian. Selain itu, Peter juga membangun sebuah menara jam pada tahun 1541 untuk Lichtenau castle yang dikenal sebagai pembuat instrumen ilmiah. Peter adalah seniman yang sangat berbakat dalam membuat jam. Ia meninggal sekitar bulan Agustus 1542.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five − 2 =