Profil & Biografi Robert H. Goddard

Loading...

Robert H. Goddard atau Robert Hutchings Goddard lahir pada tanggal 5 Oktober 1882 yang merupakan seorang insinyur, fisikawan, profesor, dan seorang penemu yang berasal dari Amerika. Ia menjadi sangat terkenal berkat hasil penemuan yang sudah ia ciptakan dalam membangun roket yang menggunakan bahan bakar cair pertama yang ada di dunia. Roket ini berhasil diluncurkannya pada tanggal 16 Maret 1926 bersama dengan timnya pada tahun 1926 dan 1941 hingga mencapai ketinggian sampai 2,6 km dengan kecepatan 885 km.

R UMAX PL-II X1.3

Berkat semua pekerjaan Robert baik itu dalam hal insinyur dan teori mengantisipasikan berbagai macam perkembangan yang membuat spaceflight. Namanya juga disebut sebagai orang yang sudah mengantarkan ke Space Age. Robert sudah banyak melakukan penelitian dan menemuan yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan zaman di dunia. Akan tetapi, dua dari 214 penemuannya yang sudah dipatenkan yaitu roket berbahan bakar cair pada tahun 1914 dan roket multi tahap pada tahun 1914 ini merupakan tonggak yang sangat penting hingga bisa menuju luar angkasa.

Biografi Robert H. Goddard 2

Pada tahun 1919 sebuah metode yang mampu mencapai ketinggian yang sangat ekstrim dianggap menjadi salah satu teks klasik mengenai ilmu roket yang berlangsung pada abad ke 20. Ia berhasil menerapkan tiga buah sumbu kontrol secara efektif dapat mengontrol penerbangan. Penemuan mengenai Robert modern ini berawal saat Robert meletakkan sebuah corong de Laval di kamar pembakaran mesin roket dalam menggandalkan daya dorong yang meningkatkan keefisienan pada roket itu.

DR. ROBERT H. GODDARD AND LIQUID OXYGEN-GASOLINE ROCKET IN THE FRAME FROM WHICH IT WAS FIRED MARCH 16, 1926 AT AUBURN, MASS. THIS WAS THE FIRST FLIGHT OF A LIQUID PROPELLED ROCKET. 2

Pada tahun 1926, ia sudah berhasil meluncurkan roket pertama yang menggunakan minyak dan oksigen yang bisa meluncur hingga mencapai 12 meter. Setelah itu, ia kemudian merancang sebuah roket yang lebih cepat dan besar hingga dapat terbang hingga mencapai 2 km. Ia mulai melakukan eksperimen pada bulan September 1921 dengan oksidator cair, roket bahan cair hingga berhasil menguji mesin propelan cair pertama pada bulan November 1923. Dengan menggunakan jet, ia mencampurkan dan menyemprotkan cairan oksigen dan bensin ke dalamnya.

Tanggal 6 Desember 1925, Robert kemudian melakukan pengujian terhadap sistem tekanan pekan sederhana dan melakukan uji statik dalam lanoratoriumnya. Mesin ini berhasil mengangkat berat mesin ini sendiri. Tes yang dilakukannya ini adalah langkah awal yang sangat penting dalam meluncurkan roket dengan menggunakan bahan bakar cair. Setelah sukses dalam membuat roket ini, ia mempersiapkan peluncuran pertama pada tanggal 16 Maret 1926. Roket ini dijuluki dengan Nell dan mampu naik hingga 41 kaki selama 2,5 detik dan berakhir hingga mencapai 184 kaki. Situs peluncuran Roket Goddard dirubah menjadi situs peluncuran National Historic Landmark. Robert meninggal dunia pada tanggal 10 Agustus 1945.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 4 =