Profil & Biografi Ahmad Albar

Loading...

Ahmad Albar lahir di Surabaya, 16 Juli 1946 adalah seorang penyanyi dan musisi Indonesia yang merupakan vokalis dari band rock yang sangat terkenal. Ahmad Albar terlahir dari Syaikh Ahmad Albar dan Farida Al-Hasni. Ibunya bercerai dan kemudian menikah seorang aktris dan sutradara, Jamaluddin Malik.

profil-biografi-ahmad-albar-3

Perkawinan mereka telah melahirkan seorang artis wanita yang menjadi saudara tirinya adalah Camelia Malik. Ahmad Albar juga biasanya di sebut dengan julukan Iyek. Ahmad Albar telah menikah dengan artis Rini S. Bono dan memiliki tiga putra: Fauzi Albar, seorang aktor bernama Fachry Albar, dan Fadli Albar.

Ahmad Albar menikah dengan aktris Rini S. Bono pada tanggal 28 April 1978. Rini adalah lawan mainnya di film “Laila Dimiliki” yang disutradarai oleh Sumanjaya. Namun sayangnya Ahmad Albar bercerai dengan Rini pada 30 September 1994. Setelah bercerai, Ahmad Albar memiliki asmara dengan aktris Cut Keke.

Awal karirnya di dunia hiburan, ketika ia mulai dikenal sebagian bintang film kanak-kanak yang berjudul  Djendral Kantjil, sekitar tahun 1957. Mulai karir musik sejak ia berusia 11, ia dan teman-temannya membentuk sebuah kelompok musik yang disebut Bintang Remaja laki-laki, ketika mengikuti Festival Band Boy di Lapangan Banteng, Jakarta. Namun dua tahun kemudian band ini bubar. Bersama Titi Qadarsih ia dibentuk Quarter Tone, tapi band ini juga tidak berlangsung lama sebelum dibubarkan.

profil-biografi-ahmad-albar-2

Sekitar tahun 1960, Iye berangkat ke Belanda. Di negara-negara kincir angin, anak kedua dari enam bersaudara itu tidak Mampu melepaskan gairah musiknya. Ia membentuk band Take Five (1966-1967), yang telah memenangkan kontes vokalis terbaik. Pada tahun-tahun 1967-1972 dengan kelompok Clover Leaf, Iyek menelurkan sembilan single. Beberapa lagu yang cukup diminati publik Belanda pada zamannya.

Namun pada tanggal 26 September 2007, ia Ditangkap di rumahnya karena dicurigai terlibat dalam penemuan 490.000 pil ekstasi di apartemen Taman Anggrek, Jakarta Barat. Hal ini membuatnya menghadapi beberapa tuduhan dengan pasal berlapis. Sejumlah tuduhan yang dilontarkan oleh penyidik antara lain bersekongkol dengan kasus narkoba yang buronan, memiliki dan menggunakan narkoba.

profil-biografi-ahmad-albar-1

Ia juga dituduh menyimpan Jenny, yakni buronan di rumahnya, Cinere, Depok. Jenny adalah kurir yang memiliki 490.000 kasus pil ekstasi di apartemen Taman Anggrek, Jakarta Barat. Ahmad Albar juga memiliki tes urine yang menunjukkan bahwa ia mengkonsumsi obat – obatan terlarang.

Kasus ini tidak hanya menyeret Ia. Karena anak keduanya, yakni aktor Fachry Albar juga merupakan daftar pencarian yang buron setelah ditemukan 1,2 gram kokain di kamarnya. Namun Fachry Albar secara sukarela menyerahkan diri pada 30 November 2007, disertai dengan bibinya yakni Camelia Malik. Akhirnya ia dijatuhi hukuman delapan bulan penjara serta denda 6 juta rupiah. Vonis ini lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut, yakni satu tahun di penjara.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 1 =