Profil & Biografi Chrisye

Loading...

Crhisye lahir dengan nama Christian Rahadi di Jakarta, Indonesia, 16 September 1949 lebih dikenal dengan kemampuan musik yang sangat handal, adalah seorang penyanyi dan penulis lagu yang sangat dibangkakan oleh Indonesia. Lahir di Jakarta pada keluarga Cina-Indonesia, Chrisye menjadi tertarik dengan musik saat masih muda. Ketika sedang belajar di sekolah tinggi, ia bermain gitar bass di sebuah band yang dibentuk dengan saudaranya, yakni Joris. Pada akhir 1960-an ia menjadi anggota dari band Firman Nada yang kemudian berubah nama menjadi Gipsy.

profil-biografi-chrisye-1

Pada tahun 1973, setelah mengambil cuti untuk beberapa waktu, dan mengikuti band yang di gawanginya ke New York untuk bermain musik. Lalu kembali ke Indonesia untuk waktu yang singkat, ia kembali ke New York dengan band-band lainnya, salah satunya yakni The Pro. Setelah kembali ke Indonesia, pada tahun 1976 ia bekerja sama dengan Gipsy dan Soekarnoputra Guruh untuk merekam album.

Ketika di sekolah dasar GIKI, Chrisye berteman keluarga dengan anak-anak Nasution, yang menjadi tetangganya, salah satu teman yang sangat dekat dengannya adalah Bamid Gauri. Pada saat itu ia juga mulai mendengarkan piringan hitam ayahnya, dia juga menyanyikan mengiringi lagu-lagu Bing Crosby, Frank Sinatra, Nat King Cole dan Dean Martin. Setelah lulus dari sekolah dasar, melanjutkan sekolahnya ke SMPN III Dipenegoro.

profil-biografi-chrisye-2

Pada awal tahun 1981, ia mulai mendekati guntur Soekarnoputra sekretaris, Gusti Firoza Damayanti Noor (Yanti). Yanti, memiliki Dayak dan Minang keturunan, juga seorang penyanyi, dan berasal dari keluarga musisi. Tentunya hal ini menjadi hal yang rumit karena mereka berbeda agama, lalu pada akhirnya pada tahun 1982 Chrisye masuk Islam, karena pada Islam tidak mengizinkan pernikahan antara perempuan Muslim dengan laki-laki non-Muslim. Pada 12 Desember 1982 akhirnya Chrisye dan Yanti menikah dengan gaya acara tradisional.

Didorong oleh keadaan keuangan yang tidak menguntungkan, dimulai pada tahun 1983 Chrisye mulai bekerja untuk menghasilkan album. Akhirnya album pertamanya dirilis pada tahun 1983 yang memiliki sigle hits Malam Pertama dan juga Lenny. Tentunya hal ini menjadi awal kesuksesannya di dunia tarik suara. Yang membuahkan hasil sampai sampai ia tutup usia.

profil-biografi-chrisye-3

Pada wal bulan Juli di tahun 2005 Chrisye sempat dilarikan ke Rumah Sakit hal ini dikarenakan sesak nafas yang berujung pada kanker paru – paru. Kesehatannya sempat membaik di tahun 2006 yang membuatnya dapat menyelesaikan 2 album baru. Namun setelah itu di tahun 2007 Chrisye, tepatnya di tanggal 30 maret 2007 Chrisye tutup usia di usia 57 tahun. Hal ini tentunya membuat Indonesia kehilangan salah satu musisi terbaiknya. Setelah 100 hari kepergiannya Musica Studio mengeluarkan album untuk mengenang Chrisye.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × four =