Profil & Biografi Nicky Astria

Loading...

Lahir di Bandung, Jawa Barat, Nicky Astria mulai bernyanyi pada tahun 1975 yang memiliki kualitas suara yang khas, hal ini dibuktikan dengan kesuksesan yang di raihnya pada tahun 1980. Nicky Astria juga memiliki julukan penyanyi rock perempuan terbaik di masanya. Bukan hanya suanya yang khas, lagunyapun telah terdaftar sebagai lagu terbaik sepanjang masa oleh Rolling Stone Indonesia pada tahun 2009.

nicky-astria-1

Ia lahir pada 18 Oktober 1967 di Bandung. Memiliki ayah yang bernama Tatang Kosasih Wirahadimaja, seorang guru sekolah, dan ibunya yang bernama Andrina Heryati, musisi tradisional. Dia adalah putri tunggal pasangan tersebut , dan anak keempat dari lima bersaudara. Ia dikenal sebagai gadis yang tomboy di masa mudanya. Pada tahun 1972, ayahnya dikirim oleh Indonesia di kedutaan Indonesia di Kuala Lumpur, Malaysia.

Ia bernyanyi di depan umum untuk pertama kalinya pada upacara Hari Kemerdekaan 17 Agustus 1975. Ketika ini diterima dengan baik, ia mulai menyanyi di acara-acara resmi yang berbeda, atas permintaan ayahnya. Keluarga kembali ke Bandung pada tahun 1975. Sekembalinya dari Malaysia ia terus melakukan pelatihan vokal, dan pada akhir SD ia sudah berkompetisi pada ajang Pop Anak Menyanyi Festival. Sementara pada saat duduk di bangku SMP ia berlaga di Teenage Pop Singing Festival. Meskipun ia dimaksudkan untuk menjadi seorang penyanyi, ayahnya ingin dia untuk melakukan pekerjaan lain.

nicky-astria-2

Pada tahun 1981, ayaknya yakni bapak Wirahadimaja meninggal dunia, kematian ayahnya yang meninggalkan keluarganya dalah kondisi finansial yang serba pas-pasan menyebabkan ia pindah ke rumah neneknya. Hal ini jugalah yang membuat Nicky semakin menggebu untuk menjadi penyanyi papan atas.

Pada tahun 1984, ia diminta untuk menandatangani AMK Rekaman yang menjadi lebih komersial, lalu dia mengadopsi nama panggung Nicky Astria. Yang pengerjaannya segera dirilis. Dia kemudian diperkenalkan ke beberapa tokoh musik terkemuka, termasuk gitaris lagu Ian Antono, yang menjabat sebagai produser dan membantunya memajukan karirnya.

nicky-astria-3

Album kedua Astria, Jarum Neraka , dirilis pada tahun 1985. Pada album ini Nicky menampilkan rasa baru dan terjual lebih dari 350.000 eksemplar, menjadikannya album rock Indonesia pertama. Hal ini diikuti juga oleh Album ketiga ini membawa kesuksesan. Keberhasilannya ini menyebabkan banyak rocker wanita baru memasuki industri.

Setiap tahun 1985-1987, Ia memenangkan BASF Award untuk Best Female Singer. Pada akhir 1980-an Ia juga melakukan tur dengan rocker Anggun, pada saat ini mereka sering berbagi kamar meskipun pers sering menggambarkan mereka sebagai saingan.

Pada tahun 1999, Astria direkam berduet dengan Chrisye, berjudul Khayalku, untuk versi ulang dari 1977 album Badai Pasti Berlalu. Pada tahun 2001, dia adalah salah satu dari empat musisi yang mendirikan Sekolah Bandung Higher Musical Learning (Perguruan Tinggi Musik Bandung), yang mengajarkan musik dan bisnis aspek di industri musik.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − 3 =