Profil & Biografi Frank Sinatra

Loading...

Francis Albert “Frank” Sinatra lahir pada 12 Desember 1915 adalah seorang penyanyi, aktor, dan produser Amerika yang merupakan salah satu artis musik yang paling populer dan berpengaruh dari tanggal 20 abad. Dia adalah salah satu artis musik terlaris sepanjang masa, yang telah menjual lebih dari 150 juta album di seluruh dunia.

profil-biografi-frank-sinatra-3

Lahir di Hoboken, New Jersey, sebagai imigran Italia, ia memulai karir musiknya di era theswing dengan Harry James dan Tommy Dorsey. Dia menemukan sukses sebagai artis solo setelah ditandatangani oleh Columbia Records pada tahun 1943, menjadi idola para “bobby soxers”. Lalu merilis album pertamanya, The Voice of Frank Sinatra, pada tahun 1946.

Karir profesional Sinatra telah terhenti oleh awal 1950-an, dan ia berpaling ke Las Vegas, di mana ia menjadi salah satu pemain terbaik yang dikenal sebagai bagian dari Rat Pack. Karirnya terlahir kembali pada tahun 1953 dengan keberhasilan From Here to Eternity dan Academy Award berikutnya nya untuk Aktor Pendukung Terbaik. Dia menandatangani kontrak dengan Capitol Records dan merilis beberapa album.

Promotional studio portrait of American singer and actor Frank Sinatra, 1950s. (Photo by Hulton Archive/Getty Images)

Sinatra kemudian disewa oleh Capitol Records dan meluncurkan beberapa album dipuji oleh kritikus musik, seperti dalam Lagu Untuk Swingin ‘Lovers, Ayo Fly With Me, Just┬áLonely dan Nice’ n ‘Easy. Namun ia┬ámeninggalkan Capitol Records untuk mendirikan label rekaman sendiri.

Ketika berusia lima puluh tahun pada tahun 1965, ia merekam album yang memenangkan Grammy Award Best Album Of The Year. Lagu-lagu “Strangers in the Night” dan “My Way” meledak di pasaran pada dekade 1960. Dia mencoba untuk bertahan hidup di tengah-tengah perubahan selera dalam musik pop. Tetapi dengan penurunan penjualan album-albumnya, setelah terlibat dalam beberapa film yang gagal di pasar dan krisis pertengahan hidup yang terjadi, ia memutuskan untuk pensiun dari dunia seni pada tahun 1971 .

profil-biografi-frank-sinatra-1

Keluar dari pensiun pada tahun 1973, Sinatra kembali untuk merekam beberapa album. Salah satu lagu yang menjadi hit adalah “(Theme From) New York, New York”. Dia kembali tur menyanyikan lagu-lagu di Amerika Serikat dan di negara lain sampai beberapa tahun sebelum ia meninggal pada tahun 1998.

Sinatra memiliki tiga anak yakni Nancy, Frank Jr dan Tina dari istri pertamanya Nancy Barbato. Ia menikah tiga kali, yakni dengan aktris Ava Gardner dan Mia Farrow, dan terakhir dengan Barbara Marx sampai hingga kematiannya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − six =