Profil & Biografi Srinivasa Ramanujan FRS

Loading...

Srinivasa Ramanujan FRS adalah seorang ahli matematika India yang terkenal untuk kontribusi dalam pengembangan analisis matematika, teori bilangan, baris tak terbatas, dan fraksi berkelanjutan. Menariknya ia adalah seorang otodidak. Oleh matematikawan Inggris, G.H Hardy, Ramanujan dapat dikatakan sekelas dengan matematika seperti Euler, Newton, Gauss, dan Archimedes.

profil-biografi-srinivasa-ramanujan-frs-1

Ia lahir dan dibesarkan di Erode, Tamil Nadu. Ramanujan pertama kali mengenal matematika di usia 10 tahun. Sejak kecil ia telah menunjukkan bakat alaminya adalah dengan menguasai trigonometri canggih ditulis oleh S.L. Loney pada usia 12 tahun. Pada usia 17, Ramanujan melakukan penelitian di Bernoulli dan Euler Macheroni.

Ramanujan dianugerahi beasiswa pertama kalinya di Government College di Kumbakonam. Kemudian ia pindah ke universitas lain karena minatnya lebih pada matematika. Antara tahun 1912-1913 ia mengirim contoh teorema dikembangkan untuk Cambridge University.

profil-biografi-srinivasa-ramanujan-frs-3

Hanya G.H. Hardy mampu mengenali karya Ramanujan yang brilian. Maka dialah yang mengundang Ramanujan bekerja di Cambridge. Pada tahun 1916, Ramanujan dianugerahi gelar BA untuk penelitian (yang kemudian berubah menjadi PhD) dengan hasil tulisannya dalam jumlah komposit dan diterbitkan dalam Journal of London matematika. Pada tahun 1917 ia diangkat anggota dari London matematika dan kemudian menjadi Fellow dari Royal Society pada tahun 1918 karena tulisan-tulisannya di fungsi elips dan nomor teori.

Mulai dari tahun 1913 sebelum Ramanujan telah mengirim beberapa tulisannya tentang seri Riemann, elistic integral, seri hypergeometry dan persamaan fungsional dan fungsi zeta Riemann. Berikutnya juga pada seri terbatas, penjumlahan seri, analisis nomor teori, rumus-rumus asimtotik, fungsi modular, pecahan dan kombinatorika analitik. Selain itu Ramanujan juga mempelajari karya-karya matematikawan seperti Gauss, Kummer yang membahas seri hipergeometri. Ketertarikan Ramanujan di bidang ini dengan menggabungkan penjumlahan parsial dengan seri hipergeometrik berpangkat. Topik ini menjadi topik yang menarik pendekatannya dengan matematika pada periode sesudahnya.

profil-biografi-srinivasa-ramanujan-frs-2

Karya lainnya yang terkenal oleh Ramanujan adalah pada jumlah pembagian P (n) dari bilangan bulat n untuk peubah. McMahon membuat daftar R (n) untuk n bilangan terkecil. Ramanujan menggunakan data numerik untuk menghasilkan perkiraan (dugaan) dalam upaya membuktikan fungsi berbentuk bulat panjang. Tapi bukti sempurna baru dapat ditemukan setelah Ramanujan meninggal.

Sebagai seseorang yang memiliki kecerdasan lebih, pemerintah India mengakui setelah popularitas ketajaman intelektualnya jelas di Inggris. Sebagai bukti penghormatan terakhir untuk Ramanujan, pemerintah India telah mengeluarkan perangko dengan fotonya yang dikeluarkan tepat pada usia yang ke-75. Karena masalah kesehatan yang dideritanya, ia kembali ke Kumbakonam India pada tahun 1919 dan meninggal pada usia 32 tahun di kampung halamannya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 2 =