Profil & Biografi Roger Federer

Loading...

Salah satu petenis terkenal asal Swiss, Roger Federer lahir pada tanggal 8 Agustus 1981 di Binningen, Swiss. Saat ini ia berumur 35 tahun dan menjadi salah satu petenis terbaik di dunia saat ini. Walaupun usinya tak muda lagi, Roger masih memperlihatkan ketangguhannya, dibuktikan dengan peraihan peringkat pertama dunia dari tahun 2004 hingga 2009. Ia pemegang rekor gelar Grand Slam tunggal terbanyak sepanjang sejarang dengan 17 gelar.

Biografi Roger Federer 1

Roger mulai bermain tenis sejak usia 6 tahun. Pada usianya ke 14, ia menjadi juara junior Swiss. Setelah itu, pria bertinggi badan 185 cm memasuki babak semifinal pada Olimpiade Sydney 2000. Pada tahun 2001, Roger berhasil memenangkan turnamen ATP pertamanya (Asosiasi Profesional Tenis) di Milan. Tahun 2001 juga, ia sukses mencapai babak perempat final di Perancis Terbuka dan Wimbledon.

Saat perjalanannya menuju perempat final, Roger mengalahkan juara bertahan Pete Sampras. Di tahun berikutnya, ia mengikuti kembali kedua ajang tersebut namun gagal total. Di lain tempat, Roger malah berhasil lolos babak final Tenies Masters Series pertamanya dan juga lolos kualifikasi Tennis Masters Cup.

Biografi Roger Federer 2

Pada tahun 2003, Roger menjadi orang Swiss pertama yang memenangkan Wimbledon dengan mengalahkan Mark Philippoissis di babak final. Ia juga menang empat kali dalam Piala Davis dan membawa Swiss hingga semifinal. Di tahun sama, Roger kembali berhasil memenangkan Tennis Mastes Cup di Houston.

Dari banyaknya prestasi yang dihasilkan, sudah layaknya Roger Federer dijuluki petenis terbaik sepanjang massa. Banyak dari kalangan komentator, analis, petenis aktif bahkan mantan petenis pun mengakui itu. Selain prestasi yang sudah disebutkan, Roger kembali meraih prestasi luar biasa dengan memenangkan ke empat turnamen Grand Slam pada tahun 2004. Selain itu, ia juga menjuarai tiga turnamen Masters Series di tahun yang sama.

Di tahun berikutnya, Roger mengalahkan Andy Roddick di final Wimbledon. Dalam pertandingan tersebut, ia mencetak 49 winner dan hanya 12 unforced error. Selain itu, ia juga mengalahkan Agassi dan berhasil meraih gelar AS Terbuka untuk kedua kalinya.

Biografi Roger Federer 3

Bicara tentang prestasi Roger memang tidak ada habisnya. Setelah 2005 lewat, kini di tahun 2006 Roger kembali mengalahlkan Marcos Baghdatis di final gelar Australia Terbuka. Namun saat final Perancis Terbuka, Roger harus menyerahkan kemenangannya pada Rafael Nadal dengan skor 1-6, 6-1, 6-4, 7-6(4).

Tak mau putus asa, Federer membalas kekalahannya tersebut saat mempertahankan gelar Wimbledon ke empatnya berturut-turut. Ia pun menambah koleksi gelar Grand Slam-nya dengan memenangkan AS Terbuka pada September 2006 silam. Pada tahun 2008, Roger harus menelan kecewa karena tak berhasil mempertahankan gelar Wimbledon. Namun ia berhasil mengobati rasa kecewanya itu dengan memenangkan gelar AS Terbuka 2008 untuk kelima kalinya.

Prestasi tersebut selalu diraih oleh Roger Federer dengan menambah gelar Grand Slam ke empat belas menyamai rekor petenis AS Pete Sampras. Hingga pada tahun 2010, Roger Federer memenangkan Australia Terbuka melawan Andy Murray.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × three =