Profil & Biografi Rafael Nadal

Loading...

Kali ini kami akan memberikan informasi lengkap mengenai petenis ternama dunia yaitu Rafael Nadal. Bagi para pecinta olahraga Tennis, pastinya nama Rafael Nadal tidak asing lagi terdengar. Walaupun tidak kidal, Rafael memainkan olahraga ini menggunakan tangan kirinya. Hal itu di sebabkan oleh pelatihnya sejak kecil, Toni Nadal, pamannya sendiri, untuk bermain tenis menggunakan tangan kiri.

Biografi Rafael Nadal 1

Rafael Nadal lahir di Manacor, Spanyol pada 3 Juni 1986 dan kini berumur 30 tahun. Orang tuanya bercerai pada tahun 2009 lalu. Ayahnya seorang pengusaha asuransi sementara ibunya seorang ibu rumah tangga. Rafael tumbuh di Spanyol dengan kedua pamannya yang seorang atles tenis yaitu Minguel Angel Nadal dan Toni Nadal. Mereka yang menginsoirasi Rafael untuk menjadi seorang petenis. Toni pun bersedia mengenalkan Tenis pada Nadal sejak ia berusia 3 tahun dan telah menjadi pelatih tetap Nadal hingga kini.

Setelah berhasil menempati peringkat dua dunia selama 158 minggu, Rafael menggantikan Roger Federer sebagai petenis pertama dunia pada 18 Agustus 2008. Peringkat tersebut bertahan sampai tahun berikutnya saat ia memenangkan Wimbledon. Tak beda saat 7 Juni 2010 sampai sekarang, Rafael terus mendapatkan juara satu dunia.

Biografi Rafael Nadal 2

Rafael merupakan juara Grand Slam sebanyak sepuluh kali dan telah memenangi gelar tunggal putra Perancis Terbuka tahun 2005-2008, empat kali berturut-turut. Setelah mencetak rekor 31 kemenangan berturut-turut di gelar itu, Nadal kalah pada pertandingan babab ke empat melawan Robin Soderling tahun 2009.

Pria itu memuturkan untuk berkarier dalam olahraga tenis sejak 12 tahun. Berbeda dengan anak kecil laki-laki kebanyakan yang menyukai sepak bola. Pada tahun 2001, Rafael mengalahkan petenis Pat Cash dalam pertandingan eksibisi di atas tanah liat.

Prestasi terus ditorehkan oleh Rafael Nadal sampai tahun 2010. Ia mulai berpatisipasi dalam turnamen Capitala World Tennis Championship di Abu Dhabi, UEA. Dia mengalahkan rekan sesama negaranya, David Ferrer di final dan memenangkan turnamen ini. Kemudian Rafael berpatisipasi di turnamen ATP 250 Qatar ExxonMobil Open di Doha, namun dia harus berberat hati kalah di final. Dia dikalahkan oleh Nikolay Davydenko. Sebelumnya, Nikolay juga mengalahkan Roger Federer di semifinal.

Biografi Rafael Nadal 3

Pada pertandingan Perancis Terbuka, banyak orang berharap pertandingan antara Rafael Nadal dengan Roger Federer. Sayangnya harapan itu tak terkabul karena Federer dikalahkan oleh Robin Soderling di perempat final. Namun kegagalan Federer itulah yang membuat Rafael menjadi petenis nomor 1 sebagai pemenang Grand Slam Perancis Terbuka 2010.

Sama halnya dengan AS Terbuka 2010, Rafael Nadal menjadi unggulan teratas untuk kedua kalinya dalam tiga tahun. Ia berhasil mengalahkan Teymuraz Gabashvili, Denis Istomin, Gilles Simon, unggulan no. 23 Feliciano López, unggulan no. 8 Fernando Verdasco, dan unggulan no. 12 Mikhail Youzhny. Pemain termuda saat itu setelah Jim Courier, berhasil mengalahkan Djokovic di babak final.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + 15 =