Profil & Biografi John Hurt

Loading...

Dunia perfilman turut berduka cita atas sepeninggalnya John Hurt tanggal 25 Januari 2017 kemarin. Beliau meninggal di umur 77 tahun karena tak sanggup lagi melawan penyakit kanker pankreas yang dideritanya. Walaupun telah tiada, John Hurt tetap mengisi hati para fans setianya hingga saat ini.

Biografi John Hurt 1

Sir John Vincent Hurt lahir di Inggris tanggal 22 Januari 1940. Beliau seorang aktor dan pengisi suara yang kariernya telah berlangsung selama 6 dekade. Oleh sebab itulah, John Hurt sering di sebut sebagai aktor veteran. Awal dikenal masyarakat saat ia menjadi peran pendukung sebagai Richard Rich dalam film A Man for All Seasons di tahun 1966. Setelah itu, John semakin aktif memainkan film layar lebar sehingga ia dapat berperan sebagai aktor utama di film The Elephant Man di tahun 1980, sebagai John Merrick hasil karya biografi David Lynch. Bukan hanya itu, ia kembali bermain di film Nineteen Eighty-Four (1984), dan Scandal (1989). Sebelum itu, John Hurt berperan di film televisi The Naked Civil Servant (1975), sebagai Caligula dalam serial televisi I, Claudius (1976), dan menjadi War Doctor di Doctor Who.

Biografi John Hurt 2

John Hurt di akui memiliki suara yang khas. Beliau juga menjalani karier sebagai pengisi suara yang sukses terutama dalam film-film seperti Watership Down (1978), film animasi The Lord of the Rings (1978), The Black Cauldron (1985) dan Dogville (2003), serta serial televisi BBC, Merlin.

Kemampuan akting John Hurt tak perlu diragukan lagi. Ia telah banyak berperan aktif di industri film dan membintangi beberapa film terkenal seperti, film drama penjara Midnight Express (1978), film horor fiksi ilmiah Alien (1979), film petualangan Rob Roy (1995), film thriller politik V for Vendetta (2006), film petualangan fiksi ilmiah Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull (2008), film series di dalam serial film Harry Potter (2001-2011), film series Hellboy (2004 dan 2008), dan film spionase Perang Dingin Tinker Tailor Soldier Spy (2011). Adengan terakhir karakter John Hurt di film Alien, di anggap sebagai salah satu yang paling menakjubkan dalam sejarah industri film.

Biografi John Hurt 3

Film terakhir yang diperankan oleh John Hurt ialah film biografi Jackie di tahun 2016 bersama dengan Natalie Portman, dan film Darkest Hour sebagai Perdana Menteri Inggis Neville Chamberlain, yang akan dirilis pada bulan November 2017. John Hurt menerima dua nominasi Academy Award dan meraih satu Golden Globe Awart serta empat BAFTA Award, dimana penghargaan keempat yang Beliau terima adalah dalam kategori Lifetime Achievement diberikan sebagai pengakuan atas kontribusi luar biasanya dalam perfilman Inggris. John Hurt di berikan gelar kebangsawanan pada tahun 2015 atas jasa-jasanya dalam bidang drama.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 5 =