Profil & Biografi Yongki Komaladi

Loading...

Indonesia patut berbangga hati karena memiliki Yongki Komaladi, seorang pengusaha sepatu lokal dengan kualitas tinggi yang mampu menyaingi brand luar negeri. Tidak hanya sepatu, Yongki Komaladi juga memiliki bisnis seperti busana, tas, makanan hingga bisnis online. Banyak di antara usahanya yang khusus membidik target konsumen wanita terbukti sangat menguntungkan. Bukan hanya wanita saja, Yongki juga mengembangkan bisnis sepatunya mulai dari anak-anak hingga dewasa yang banyak diminati konsumen. Keadaan inilah yang membuat produk Yongki Komaladi berkembang pesat.

Biografi Yongki Komaladi 1

Yongki Komaladi dengan nama aslinya Kwok Joen Sian dan lahir pada tanggal 8 Agustus ini dikenal memiliki sifat rendah hati. Ia anak ke 14 dari 15 bersaudara yang dilahirkan dari pasangan Liauw A Ho dan Kwok Pit Tjong. Meski sukses dengan produk sepatu, Yongki memulai karir sebagai penjaga butik pada tahun 1977. Beberapa tahun kemudian, pria ini ditawari untuk menjadi model kaca mata.

Sebenarnya karir Yongki sebagai model ini dapat dibilang cukup sukses. Namun ketertarikannya pada bidang desainer, ia pun memilih berhenti dan bekerja pada pusat pembelanjaan sebagai perancang baju. Sejak itulah, Yongki Komaladi seakan menemukan jati dirinya yang sebenarnya, beberapa rancangannya pun banyak disukai orang sehingga menjadi populer.

Biografi Yongki Komaladi 2

Untuk masalah sepatu, Yongki secara tidak sengaja mendesainnya karena saat itu ia mendapatkan pesanan dari seseorang untuk merancang sepatu. Saat itu, Yongki memakai namanya sendiri sebagai rancangan sepatu yang dibuat. Tak disangka-sangka, rancangan sepatunya mendapat respon positif dari pasar. Sejak itulah, Yongki memutuskan untuk fokus ke bisnis sepatu yang membuat namanya menjadi disegani seperti sekarang.

Yongki Komaladi memulai bisnis sepatu dari nol dengan modal nekat. Hal tersebut disebabkan karena Yongki tak memiliki latar belakang dalam bidang tersebut. Kesuksesannya saat ini diperoleh karena Beliau belajar dengan sungguh-sungguh untuk menghasilkan desain sepatu sendiri. Pada awal usahanya, Yongki merasa tidak percaya diri karena brand sepatu dengan nama “Yongki Komaladi” ini beberapa kali mendapatkan kritik pedas dan di anggap kurang komersial.

Biografi Yongki Komaladi 3

Namun, cemoohan dan kritik pedas itu tak membuat Yongki patah semangat. Ia pun kembali berusaha demi bisnis sepatunya hingga ia pun berhasil memenangkan dua penghargaan sekaligus dalam Kompetisi Desain Sepatu Internasional ke-7 yang di adakan pada tangan 1-3 Juni 2015 di Guangzhou, China. Penghargaan tersebut diraihnya untuk kategori sepatu anak dan sepatu santai wanita. Yongki membuktikan bahwa rancangan putra Indonesia tak kalah dengan rancangan negara lain.

Dalam memproduksi produknya, Yongki tidak pernah main-main dan tidak asal-asalan. Ia selalu melakukan riset pasar guna mengupdate rancangan sepatu yang harus mengikuti perubahan selera masyarakat. Saat inspirasi datang, pria mantan model ini biasanya menuangkan dalam sebuah sketsa gambar. Dari sketsa inilah, Yongki akan mengeksekusinya untuk menjadi produk sepatu yang idealis dan memuaskan konsumen.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + two =