Profil & Biografi Anthony Tan

Loading...

Mungkin kebanyakan orang di dunia ini sangat familiar dengan Grab. Grab merupakan salah satu aplikasi transportasi online saingan gojek yang kini tengah marak di Indonesia. Aplikasi ini mulai banyak digunakan oleh masyarakat Tanah Air terutama di kota-kota besar. Namun tahukah Anda, siapa orang dibalik kesuksesan Grab? Dia adalah Anthony Tan, seorang pria berkewarganegaraan Malaysia.

Biografi Anthony Tan 1

Anthony Tan merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara. Ayahnya bernama Tan Heng Chew, salah satu orang terkaya di Malaysia tahun 2015 lalu. Ibunya juga bekerja pialang saham di Malaysia. Sedangkan kakek buyutnya sendiri sopir taksi di Negeri Jiran tersebut. Oleh karena itu, Keluarga Anthony Tan dikenal sebagai keluarga pebisnis di Malaysia.

Dengan berbekal pengalaman dari keluarga pebisnis, pria 34 tahun itu mulai belajar dunia bisnis sejak kecil. Anthony Tan selalu mendengarkan perjuangan kakek buyutnya sebagai sopir taksi tersebut. Bahkan saat Anthony berumur 6 tahun dan ditanyai cita-citanya, ia dengan tegas menjawab ingin menjadi pengusaha sukses. Karena itulah Anthony berjualan komik ketika berusia 11 tahun.

Biografi Anthony Tan 2

Kisah perjuangan Anthony Tan terus berlanjut setelah orang tuanya mengajak Tan ke sebuah acara konvensi komik internasional di Singapura. Karena ia sangat menyukai X-men, Anthony kecil memborong banyak sekali komik superhero itu. Lama-kelamaan, Anthony Than berinisiatif menjual komik-komiknya kepada temannya yang ingin membaca komik tersebut. Dari sinilah Anthony belajar untuk menjadi pengusaha sesungguhnya. Ia memakai uang hasil jualannya untuk menambah stok barang lebih banyak untuk dijualnya lagi. Begitu seterusnya.

Pada tahun 2012, Anthony Tan mencetuskan ide jeniusnya untuk membuat sebuah aplikasi transportasi online yang ia beri nama Grab. Ide pembuatan aplikasi ini dilakukan Anthony saat ia menempuh pendidikan di Harvard Business School. Awal mula Anthony menciptakan aplikasi pintar ini saat teman sekelasnya mengeluh tentang sistem taxi di Malaysia yang buruk. Mereka susah sekali mendapatkan taxi. Temannya Anthony menyindir secara halus tentang sejarah kakek buyutnya yang seorang sopir taksi dan kakeknya yang seorang pengusaha otomotif sukses di Malaysia. Seharusnya Anthony harus bisa menciptakan sesuatu yang baru.

Biografi Anthony Tan 3

Ide tersebut dijadikan Anthony sebagai tugas sekolahnya untuk memecahkan masalah taxi di Malaysia yang berlanjut menjadi bisnis sungguhan. Tugas sekolahnya diberi nama MyTeksi lalu di ubah menjadi Grab. Aplikasi ini menggunakan sistem teknologi pemetaan digital dan informasi lokasi yang dibagikan oleh pemesan. Saat ini, Grab berhasil menjadi penyedia layanan transportasi online terbesar di Asia Tenggara. Di antaranya Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, Philipina dan Vietnam.

Sampai bulan Maret 2015, sudah terdaftar sopir taxi sebanyak 75 ribu di GrabTaxi. Aplikasi ini dapat di unduh secara gratis Google Play, Appstore atau BlackBerry World. Rencananya Anthony Tan juga akan melakukan diversifikasi bisnis yakni layanan GrabCar dan layanan ojek GrabBike.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + eighteen =