Profil & Biografi Rano Karno

Loading...

H. Rano Karno, S.I.P lahir di Jakarta, 8 Oktober 1960 dan sekarang Beliau berumur 56 tahun. Rano Karno adalah seorang penyanyi, aktor, sutradara dan tokoh politik. Beliau saat ini menjabat sebagai Gubernur Banten sejak 12 Agustus 2015. Sebelumnya, Rano Karno ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Banten tanggal 13 Mei 2014 hingga 12 Agustus 2015 menggantikan Ratu Atut Choisiyah yang di berhentikan akibat terkait kasus suap pilkada di MK.

Biografi Rano Karno 1

Sebelumnya, Rano Karno pernah diwacanakan menjadi pendamping Fauzi Bowo sebagai wakil gubernur dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2007. Pada 22 Maret 2008, Beliau resmi dilantik sebagai Wakil Bupati Tangerang untuk periode 2008-2013. Sayangnya, ia mengundurkan diri dari jabatannya pada tanggal 19 Desember 2011 karena Rano Karno terpilih menjadi Wakil Gubernur Banten mendampingi Ratu Atut Chosiyah periode 2012-2017. Karena Ratu Atut memiliki masalah, Rano Karno di berikan amanah untuk menjadi Pelaksana Tugas Gubernur Banten untuk menggantikan Ratu.

Biografi Rano Karno 2

Rano Karno terkenal pada tahun 1970-an dan 1980-an sebagai aktor melalui beberapa film seperti Rio Anakku, Gita Cinta dari SMA dan Taksi. Beliau juga berperan aktif sebagai Doel dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan pada tahun 1990-an. Selain menjadi aktor, Rano Karno juga dikenal sebagai penyanyi dan sutradara. Ayahnya juga seorang aktor kawakan, Soekarno M. Noer. Selain itu, Rano Karno mempunyai saudara kandung yang turut meramaikan bermain film yaitu Tino Karno dan Suti Karno.

Sejak umur 9 tahun, Rano Karno sering di ajak ayahnya untuk membintangi film Lewat Tengah Malam, sebagai pemeran tokoh anal. Namanya mulai dikenal melalui film Si Doel Anak Betawi (1972) karya Sjuman Djaja yang diangkat dari cerita Aman Datoek Madjoindo. Sejak itulah, Rano Karno memperlihatkan prestasinya di dunia entertainment. Beliau mendapat penghargaan Aktor Harapan 1 PWI Jaya tahun 1974. Lalu, ia juga meraih hadiah The Best Child Actor dalam acara Festival Film Asia di Taipei tahun yang sama. Karirnya terus melejit sebab Rano Karno memainkan peran-peran remaja di film Wajah Tiga Perempuan (1976), Suci Sang Primadona (1977), Gita Cinta dari SMA (1979).

Biografi Rano Karno 3

Ketika industri perfilman Indonesia sedang menurun, Rano Karno beralih ke dunia sinetron melalui sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang di cap sebagai sinetron paling monumental yang digarapnya sendiri bersama saudara-saudaranya dalam Karnos Film. Di dalam sinetron itu, Rano Karno bukan hanya menjadi sutradara, penulis cerita serta skenario, namun beliau juga ikut main menjadi si Doel. Kemudian Rano Karno menikah dengan Dewi Indriati pada tanggal 8 Februari 1988 dan mengadopsi dua orang anak yang diberi nama Raka Widyarma dan Deanti Rakasiwi. Selain itu, Rano Karno juga pernah di angkat sebagai duta khusus Indonesia dalam bidang pendidikan oleh UNICEF yang bergerak dalam bidang pendidikan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 4 =