Profil & Biografi Sylviana Murni

Loading...

Prof. Dr. Hj. Sylviana Murni, S.H.,M.Si yang lahir di Jakarta pada tanggal 11 Oktober 1958 ialah seorang birokrat yang lama berkecimpung di lingkungan pemerintahan DKI Jakarta. Ia pernah menjabat sebagai Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta di tahun 2015 sampai tahun 2016. Beliau juga pernah menduduki posisi Walikota Jakarta Pusat periode 2008 hingga 2010. Guru besar dibidang Manajemen Pendidikan ini berhasil memperoleh gelar Professor dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

Biografi Sylviana Murni 1

Nama Sylviana Murni menjadi topik pembicaraan hangat di media Tanah Air belakangan ini karena dicalonkan sebagai pasangan calon nomor 1 bersama Agus Yudhoyono pada Pilkada Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Namun sayangnya, Agus bersama Sylvi harus berbesar hati karena tidak memenangkan putaran pertama saat Pilkada tanggal 15 Februari 2017 kemarin.

Sylviana Murni dikenal sosok wanita Indonesia asli betawi yang bersifat tegas dan lugas. Lahir dari keluarga religius dan disiplin membuat sosok Sylvi menjadi sukses. Didikan dari sang ibu yang menjadikannya sosok wanita yang agamis sedangkan kedisiplinan Sylvi merupakan ajaran dari ayahnya yang seorang berlatar belakang tentara.

Biografi Sylviana Murni 2

Jiwa kepemimpinannya sudah terlihat sejak ia kecil. Tak heran bila Sylviana Murni terlihat beda dibandingkan dengan teman sebayanya. Beliau merupakan sosok yang suka bergaul dan sering ditunjuk sebagai Ketua di berbagai organisasi sekolah dan karang taruna. Tak hanya sampai sekolah, saat ia kuliah di Universitas Jayabaya, Jakarta, Sylvi berperan aktif dari organisasi kampus dimulai dari organisasi wanita, sosial dan kebetawian.

Setelah lulus kuliah, Sylviana Murni mengawali karirnya sebagai pegawai negeri sipil di Badan Pembinaan Pendidikan dan Pelaksaan Pedoman Penghayatan dan Pengawalan Pancasila (BP7). Ia bekerja di Staf penatar dan menduduki posisi ini berhasil tercatat sebagai pegawai teladan. Walaupun Sylviana Murni pernah cuti dari PNS sebab terpilih sebagai DPRD dari partai Golkar, namun akhirnya ia kembali lagi ke posisi lama di PNS.

Biografi Sylviana Murni 3

Tanggal 19 Oktober 2004, Sylviana Murni berhasil menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Dasar DKI dengan prinsip basic, bersama pendidikan sehingga seseorang mempunyai peluang untuk memperbaiki hidup. Perjuangan Beliau benar-benar terwujud di antaranya ialah Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP).

Kemudian, Sylviana Murni terdaftar sebagai Walikota Jakarta Pusat pada tanggal 21 April 2008 sampai tahun 2013 atas rujukan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo yang dilantik pada tanggal 1 April 2008. Berbeda pula saat periode Gubernur Basuki Tjahaja Purnama, Sylviana Murni di angkat sebagai Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta tahun 2015. Namun sayangnya, hanya setahun menjabat, Sylviana Murni memutuskan untuk mengundurkan diri. Pengunduran diri tersebut disebabkan Beliau akan ikut bertarung di Pilkada DKI 2017. Partai Demokrat, PAN, PKB dan PPP mengusung Sylviana Murni menjadi Cawagub pasangan dari Agus Harimurti Yudhoyono.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 1 =