Profil & Biografi Tito Karnavian

Loading...

Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D yang lahir pada tanggal 26 Oktober 1964 di Kota Pempek, Palembang, adalah seorang Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. Beliau pernah ikut bergabung menjadi Ketua Tim yang berhasil membongkar jaringan teroris dipimpin oleh Nordin Moch Top. Setelah itu, Kombes Pol H. M. Tito Karnavian naik pangkat menjadi Brigjen Pol dan menjadi Kepala Densus 88 Anti teror Mabes Polri.

Biografi Tito Karnavian 1

Tito Karnavian memulai pendidikannya di SD Xaverius 4 Palembang lalu berlanjut ke SMP Xaverius 2 Palembang. Setelah lulus SMP, Tito melanjutkan sekolahnya ke SMA Negeri 2 Palembang. Setamatnya dari SMAN 2, Beliau mengikuti AKABRI pada tahun 1987 karena gratis dan tidak ingin membebankan orang tuanya. Tito Karnavian mendapatkan Bintang Adhi Makayasa sebagai lulusan Akpol terbaik angkatan 1987. Kemudian, ia menyelesaikan pendidikannya di University of Exeter di Inggris tahun 1993 dan berhasil meraih gelar MA dalam bidang Police Studies. Lalu, Tito Karnavian mengenyam pendidikan lagi di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada tahun 1996 di Jakarta. Ia berhasil mendapatkan Bintang Wiyata Cendekia sebagai lulusan terbaik PTIK.

Biografi Tito Karnavian 2

Karier Tito Karnavian melesat dengan cepat di Kepolisian berkat prestasi yang dicapainya. Tahun 2001, Tito memimpin Tim Kobra untuk menangkap Hutomo Mandala Putra atau sering dikenal dengan Tommy Soeharto. Ia berhasil menangkap putra mantan Presiden Soeharto dalam kasus pembunuhan Hakim Agung Syafiudin. Pada tahun 2004, saat Densus 88 Anti teror Polda Metro Jaya dibentuk dengan tujuan pembongkaran jaringan terorisme di Indonesia, Tito Karnavian saat ini ditunjuk sebagai Ketua Tim yang terdiri dari 75 personel.

Ketika bergabung dengan Densus 99 Antiteror, Tito yang termasuk polisi langsung mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa menjadi Kombes Pol karena prestasinya menangkap teroris Azahari Husin beserta kelompoknya di Batu, Malang Jawa Timur, 9 November 2005. Tito juga termasuk perwira yang bergabung ke dalam tim penumpasan jaringan terorisme pimpinan Noordin Mohammad Top 2009.

Biografi Tito Karnavian 3

Saat berusia 47 tahunm Tito Karnavian ditunjuk untuk menjadi Kepala Polda Papua pada 3 September 2012 menggantikan Irjen Pol Bigman Lumban Tobing. Namun, ia baru secara resmi aktif dihitung per tanggal 27 September 2012. Padahal saat itu, Pulau Papua yang begitu besar hanya memiliki satu Polda dan ini yang membedakannya dengan Pulau lain seperti Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi yang memiliki beberapa Polda. Oleh karena itulah besarnya harapan dan tanggung jawab yang harus dipikul oleh Irjen Pol Tito Karnavian saat itu.

Sebelum di angkat menjadi Kapolri RI, Tito Karnavian menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sejak tanggal 16 Maret 2016. Sebelumnya lagi, Beliau menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya mulai tanggal 12 Juni 2015. Pada era Presiden Jokowi, Tito Karnavian dilantik secara resmi menjadi Kapolri menggantikan Badrodin Haiti pada tanggal 13 Juli 2016. Beliau pun naik pangkat 1 tingkat menjadi Jendral Polisi Tito Karnavian.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + 11 =