Profil & Biografi Ronda Rousey

Loading...

Ronda Jean Rousey adalah sosok wanita atlet bela diri yang lahir pada tanggal 1 Februari 1987 di Riverside, California. Saat baru lahir, Rousey hampir meninggal karena lahir dengan tali pusar melilit lehernya, ia kekurangan oksigen dan mengalami sedikit kerusakan otak. Hal itu menghambat Ronda Rousey untuk berbicara kata-kata yang sukar dimengerti sampai berumur 6 tahun.

Biografi Ronda Rousey 1

Kejadian tragis yang menimpa keluarga Rousey ketika kecil, sang ayah Ron, bunuh diri saat Rousey berumur 8 tahun. Karena itulah, dia berjuang dikelas dan belajar dirumah untuk sekolah dasar dan menengah, namun Rousey menemukan cara baru untuk menutupi rasa frustasinya, ketika sang ibu AnnMaria De Mars, membujuknya untuk belajar judo. Ibu Rousey ialah pemenang medali emas Judoka tahun 1984 Kejuaraan Dunia, karena itulah ia mulai memperkenalkan putrinya ke dalam dunia olahraga.

Pada usianya ke 15 dan 16, Ronda Rousey ditunjuk untuk masuk Tim Olimpiade Amerika dengan usia termuda yang mendapatkan nasional No. 1 Peringkat di divisi perempuang. Walaupun ia tak berhasil mendapatkan medali saat Olimpiade 2004, namun ia mengklaim emas pada tahun Dunia Junior dan Pan Amerika Kejuaraan Judo. Setelah mempertahankan gelarnya di ajang Pan Amerika Judo Championship pada tahun 2006, Rousey memegang predikat wanita Amerika pertama dalam kurun waktu 12 tahun untuk mendapatkan medali Kejuaraan Dunia dengan hanya bermain di turnamen kedua 2007. Meski mengalami cedera lutut robek, Ronda Rousey berhasil mendapat medali emas di Pan Americam Games 2007 dan medali perunggu pada Olimpiade 2008.

Biografi Ronda Rousey 2

Namun sayangnya, wanita berumur 30 tahun ini pensiun dari Judo saat usianya menginjak ke 21 tahun dan mulai berlaga di ajang MMA pada usianya ke 22 tahun. Rousey bertekad dirinya tidak ingin menghabiskan hidup hanya untuk bidang pekerjaan konvensional. Selain berkarir di olahraga gulat, ia juga berprofesi sebagai aktris dan model.

Pada tahun 2015 lalu, Ronda Rousey menjadi orang nomor tiga yang paling banyak di cari search engine seperti Google karena ia berhasil mempertahankan gelar juara dunia pada Ultimate Fighting Championship (UFC) di Rio De Janeiro Brazil. Pegulat asal Amerika serikat ini berhasil memukul telak lawannya Bethe Correia hanya dalam waktu 34 detik. Ronda Rousey terus melancarkan pukulan keras ke awajah Correia sehingga wanita itu langsung KO dalam hitungan detik saja. Namun hebatnya lagi, catatan waktu tersebut bukanlah pencapaian terbaik yang pernah dibuat oleh Rousey.

Biografi Ronda Rousey 3

Ronda Rousey berhasil mengalahkan Alexis Davis dan Cat Zinango hanya dalam belasan detik saja. Kemenangan atas Bethe Correia pun sekaligus memperpanjang rekor kemenangan Rousey sebanyak 12 kali di ajang UFC. Bahkan si “Leher Beton” Mike Tyson yang berjaya pada era 1980-an memberikan pujian kepadanya. Tyson berkata, Ronda Rousey memiliki aura pembunuh yang artinya semua mungkin saja terjadi. Bahkan pertandingan belum dimulai, sudah terasa seru dan mendebarkan. Tyson juga menyebutkan saat melihat Ronda Rousey bertarung, dia mengingatkan dirinya sendiri ketika berada di atas ring.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 5 =