Profil & Biografi Mahershala Ali

Loading...

Mahershala Ali memecah rekor dunia karena menjadi aktor Muslim pertama yang meraih penghargaan Oscar sebagai aktor pendukung terbaik pada film Moonlight. Pria ini berhasil mengalahkan nominasi lainnya yaitu Dev Petel untuk film Lion, Lucas Hedges di film Machester by The Sea, Michael Shannon pada film Nocturnal Animals dan Jeff Bridges (Hell or High Water). Sebelum berjalan menuju panggung untuk menerima piala Oscar, pria yang juga bisa rapper ini sempat menyalami Jeff Bridges.

HOLLYWOOD, CA - FEBRUARY 26: Actor Mahershala Ali, winner of the award for Actor in a Supporting Role for 'Moonlight,' attends the 89th Annual Academy Awards Governors Ball at Hollywood & Highland Center on February 26, 2017 in Hollywood, California. (Photo by Kevork Djansezian/Getty Images)

Aktor Amerika Serikat dengan nama lengkap Mahershalalhashbaz Gilmore itu lahir pada tanggal 16 Februari 1974. Mahershala Ali mengawali karirnya sebagai pelakon rutin dalam seri Crossing Jordan dan Threat Matrix yang kemudian berhasil memerankan tokoh menjadi Richard Tyler dalam seri fiksi ilmiah “The 4400”. Film besar pertama yang melibatkannya ialah The Curious Case of Benjamin Button pada tahun 2008 karya David Fincher. Ali juga pernah bermain di film Predators dan The Place Beyond the Pines. Ia juga pernah menjadi tokoh utama dalam Free State of Jones yang mengambil latar perang Saudara di Amerika Serikat.

Biografi Mahershala Ali 2

Mahershala Ali adalah seorang muslim dari Jama’ah Muslim Ahmadiyyah. Suami dari Amatus Sami-Karim itu mendapat banyak pujian luas dari para kritikus serta Academy Award, Golden Globe Award, dan SAG Award. Ali juga pernah memenangkan Critic’s Award untuk kategori Supporting Actor. Selain menjadi aktor, Mahershala Ali juga berprofesi sebagai rapper yang telah menandatangani kontrak dengan Bay Area di bawah label Hieroglyphics Imperium sejak tahun 2000-an dengan rekaman musik bernama Prince Ali. Ia merilis albumnya pada tahun 2007 yang bertajuk ‘Curb Side Service’ namun sayangnya ia tidak mempromosikan albumnya dalam tour khusus karena fokus ke dunia akting.

Mahershala Ali beserta keluarga mempunyai seekor kucing yang bernama Musikus Nas. Putri pertama dari pasangan Ali dan Amatus lahir pada tanggal 22 Februari 2017 yang mereka beri nama Bari Najma. Ali juga dikenal saat ia berperan sebagai Remy Danton dalam House of Cards, Cornell Cottonmouth Stokes dalam serial TV Netflix, lalu sebagai Luke Cage dan Boggs di film The Hunger Games: Mockingjay part 1 serta sequelnya.

Biografi Mahershala Ali 3

Kemudian bakat aktingnya mendapatkan perhargaan Oscar dalam film Moonlight pada tahun 2016 sebagai pemeran pedagang narkoba yang bernama Juan. Film ini merupakan film drama Ameria Serikat yang disutradarai oleh Barry Jenkins, dan di angkat dari drama In Moonlight Black Boys Look Blue karya Tarell Alvin McCraney. Moonlight mendapat pujian menjadi salah satu film terbaik di tahun 2016. Film ini berhasil masuk ke delapan nominasi Oscar di Academy Award ke-89 seperti Best Picture, Best Director dan Best Adapted Screenplay.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 3 =