Profil & Biografi Kathryn Bigelow

Loading...

Kathryn Bigelow menjadi pencetak rekor dengan merebut Piala Oscar sebagai wanita pertama yang memenangkan kategori Sutradara terbaik. Penghargaan itu diberikan atas prestasinya yang memukau saat menyutradarai film The Hurt Locker bergenre drama sejarah. Film Thriller ini berhasil masuk ke-9 kategori pada Academy Awards ke-82 dan berhasil memenangkan enam di antaranya.

Biografi Kathryn Bigelow 1

Kathryn Ann Bigelow lahir pada tanggal 27 November 1951 di San Carlos, California. Ia merupakan anak tunggal dari seorang ayah yang bekerja sebagai Manajer Pabrik cat dan ibunya seorang pustakawan. Kathryn masuk ke dunia film setelah ia berkarier di bidang seni menjadi seorang fellow di Whitney Museum of American Art, New York City. Selanjutnya, wanita yang berprofesi sebagai sutradara itu masuk program magister film di Universitas Columbia. Ia juga pernah bekerja sebagai pengajar di California Institute of the Arts.

Film pertama karya Kathryn Bigelow adalah The Set-Up pada tahun 1978, sebuah film yang menceritakan tentang dekontruksi kekerasan dengan durasi selama 20 menit. Selanjutnya, Kathryn mencoba menyutradarai sebuah film panjang yang berjudul The Loveless tahun 1982, bersama dengan Monty Montgomery. Film berikutnya adalah Near Dark tahun 1987, skenario ditulisnya bersama dengan Eric Red. Masih ditahun yang sama, Kathryn Bigelow kembali menyutradarai video musik untuk lagi New Order, “Touched by the Hand of God”.

Biografi Kathryn Bigelow 2

Kathryn Bigelow bersama dengan Eric Red kembali bekerja sama menggarap film Blue Steel di tahun 1990. Film ini dibintangi oleh Jamie Lee Curtis sebagai polisi muda yang distalking oleh pembunuh psikopat yang diperankan oleh Ron Silver. Selanjutnya, Kathryn Bigelow menjadi sutradara dari Film Point Break 1991. Di tahun 1993, wanita ini menyutradarai episode serial televisi Wild Palms.

Dari tahun 1989 sampai 1991, Bigelow menikah dengan rekan sesama sutradara yang bernama James Cameron. Prestasi Kathryn Bigelow sebagai seorang sutradara kembali terlihat pada film Strange Days di tahun 1995 yang diproduseri oleh mantan suaminya, James Cameron. Pada tahun 1997 dan 1998, Bigelow menyutradarai beberapa episode film seri Homicide: Life on the Street.

Biografi Kathryn Bigelow 3

Semakin memasuki era 2000-an, Kathryn Bigelow semakin banyak pula menyutradarai beberapa film terkenal seperti The Weight of Water tahun 2000, K-19: The Widowmaker (2002), dan film paling terkenal hasil garapan Bigelow adalah The Hurt Locker. Film tersebut memenangkan Piala Oscar ditahun 2010. Berkat film ini juga, Kathryn Bigelow dinobatkan sebagai Sutradara terbaik dalam Penghargaan Directors Guild of America dan Penghargaan Film British Academy ke-63. Ia mengalahkan James Cameron yang sama-sama dinominasikan sebagai Sutradarai Terbaik waktu itu. Wanita ini juga pernah masuk dalam kategori 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time pada tahun 2010.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − five =