Profil & Biografi Soekarwo

Loading...

Dr. H. Soekarwo, S.H, M. Hum lahir di Madiun, Jawa Timur, pada tanggal 16 Juni 1950. Pria yang berumur 66 tahun itu sering dipanggil dengan sebutan PakDe Karwo dan merupakan seorang Gubernur Jawa Timur yang menjabat sejak 12 Februari 2009 sampai saat ini. Beliau memenangkan dua periode berturut-turut yaitu periode 2008-2013 dan 2014-2019. Soekarwo dikenal sebagai sosok Birokrat sejati dan menjadi salah satu ikon dari Jawa Timur.

Biografi Soekarwo 1

Profil dan Biografi Soekarwo dimulai saat ia menamatkan pendidikannya di SD N Palur Madiun di tahun 1962, lalu berlanjut ke SMP N 2 Ponorogo pada tahun 1965 dan akhirnya lulus SMAK Sosial Madiun tahun 1969. Tahun 1979, Soekarwo berhasil meraih Gelar Sarjana Hukum yang diperolehnya di Fakultas Hukum Universitas Airlangga Surabaya. Setelah itu, Beliau juga meraih gelar Pasca Sarjana Hukum di Universitas Surabaya tahun 1996. Soekarwo juga mendapat gelar Doktornya dari Universitas Diponegoro Semarang tahun 2004.

Soekarwo mengawali karirnya sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil). Ia pernah mendapatkan posisi sebagai Kepala Dinas Pendapatan (Kadispenda) dan sebagau Sekretaris Daerah Prov. Jawa Timur tahun 2003 hingga 2008. Soekarwo juga dipercaya sebagai Komisaris Utama Bank Jatim pada tahun 2005 sampai 2008.

Biografi Soekarwo 2

Bersama dengan Partai Demokrat, Soekarwo terpilih menjadi Gubernur dalam Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Daerah Jawa Timur yang di adakan selama tiga putaran yaitu tanggal 23 Juli 2008, 4 November 2008 dan putaran ketiga di Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Sampang di tanggal 21 Januari 2009. Pelantikan Soekarwo sebagai Gubernur didampingi oleh Wakilnya, Saifullah Yusuf, yang diselenggarakan saat tanggal 12 Februari 2009 oleh H. Mardiyanto, seorang Menteri Dalam Negeri.

Di bawah kepemimpinan Soekarwo sebagai Gubernur, Jawa Timur mengalami perubahan dari infrastruktur yang sangat pesat yakni Jembatan Suramadu, Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya, Pelabuhan Teluk Lamong, dan mengalami pertumbuhan ekonomi yang begitu tinggi yaitu sebesar 7,3 % atau dapat dibilang di atas Nasional yang hanya 6,2 %.

Biografi Soekarwo 3

Setelah habis masa jabatan, Soekarwo maju lagi ke Pilkada Jawa Timur bersama dengan Wakil yang sama yaitu Saifullah Yusuf, di tahun 2013. Mereka berdua berhasil memenangkan pemilihan tersebut hanya dengan satu putaran saja. Sepertinya PakDe Karwo masih dipercaya oleh masyarakat Jatim untuk memimpin karena terbukti dari hasil kinerjanya selama 5 tahun ke belakang.

Soekarwo – Saifullah akhirnya dilantik kembali lagi sebagai Gubernur beserta Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur. Pelantikan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 12 Februari 2014 oleh Gamawan Fauzi, Menteri Dalam Negeri, di Gedung DPRD Jatim di Jalan Indrapura Surabaya. Pelantikan Soekarwo dan Saifullah dihadiri oleh beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Forkopimda Jatim dan sejumlah Gubernur dari Provinsi lain.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 4 =