Profil & Biografi Jackie Chan

Loading...

Jackie Chan merupakan aktor laga yang masih sangat terkenal saat ini. Meski telah berusia 62 tahun, pria yang lahir pada tanggal 7 April 1952 di Hongkong ini, tetap terlihat segar dan bugar ketika berakting di depan kamera. Selain seorang aktor, Jackie Chan juga seorang sutradara, produser, komedian, penulis naskah film, dan penyanyi. Ia juga dikenal dalam seni bela diri atau kung fu dari China yang tersohor dengan pertarungan akrobatiknya. Jackie juga telah mendalami seni peran tersebut sejak tahun 1970-an dan sudah tampil sekitar lebih dari 100 film. Beliau sering menerima penghargaan bergengsi seperti Hongkong Avenue of Stars dan Hollywood Walk of Fame.

Biografi Jackie Chan 1

Jackie Chan dilahirkan pada tahun 1954 di Victoria Peak dengan nama asli Chan Kong San, anak dari pasangan Charles dan Lee-Lee Chan. Kedua orang tuanya merupakan pengungsi dari masa Perang Saudara China. Nama julukan Jackie Chan saat kecil yaitu Pao Pao, karena sering berguling-guling saat masih bayi. Kemudian orang tuanya bekerja di Kedutaan Perancis untuk Hongkong sehingga Jackie Chan sering menghabiskan masa kecil dilingkungan kediaman kedutaan di daerah Victoria Peak.

Pendidikan dari seorang Jackie Chan dimuai dari Nah-Hwa Primary School di daratan Hongkong, namun sayangnya dia tidak lulus sekolah dan melanjutkan sekolahnya ke Chinese Drama Academy, sebuah Sekolah Opera Peking yang dijalankan oleh pemiliknya Master Yu Jim Yuen. Selama bersekolah disana, ia mendapat banyak pelajaran olahraga seni bela diri kungfu dan akrobatik, sehingga Jackie Chan menjadi seorang ahli. Ia pernah ikut dalam kelompok Seven Little Fortunes, yaitu kelompok penampil terdiri atas murid-murid terbaik di sekolahnya.

Biografi Jackie Chan 2

Saat Jackie Chan berumur 8 tahun, ia di ajak tampil dengan kelompoknya dalam Film Big and Little Wong Tin Bar tahun 1962, bersama dengann Li Li Hua yang berakting sebagai ibunya. Di tahun berikutnya, ia muncul lagi bersama Lie dalam kisah The Love Eterne dan mendapat peran kecil di film King Hu tahum 1966, Come Drink With Me. Saat tahun 1971, Jackie Chan bermain di film layar lebar dari King Hu berjudul A Touch of Zen. Sejak saat itu, ia mulai berakting dewasa di dunia perfilman dengan menandatangi kontrak bersama perusahaan Chu Mu’s Great Earth Film.

Beranjak 17 tahun, Jackie Chan bekerja sebagai peran pengganti dalam film-film Bruce Lee berjudul Fist of Furry, lalu Enter the Dragon dengan nama panggung Chen Yuen Long. Ia berhasil mendapat peran utama dalam sebuah film berjudul Little Tiger of Canton, yang hanya beredar terbatas di Hongkong tahun 1973. Karena sering mengalami kegagalan dalam industri film serta kesulitan mendapat peran pengganti, Jackie turut bermigrasi ke Canberra Australia mengikuti jejak orang tuanya. Ia juga pernah sebagai pekerja bangunan sambil menimba ilmu di Dickson College.

Biografi Jackie Chan 3

Karier Jackie Chan dalam dunia perfilman sepertinya terus berlanjut karena pada tahun 1976 ia mendapat sebuah telegram dari Willie Chan, seorang produser film di Hongkong. Willie sangat terkesan dengan aksi-aksinya sebagai peran pengganti. Oleh karena itulah, ia menawarkan Jackie Chan untuk ikut bergabung dengan film arahan Lo Wei. Pada tahun 1982, Jackie Chan menikahi Ling Feng-Jiao yang juga seorang aktris Taiwan dan di tahun yang sama ia di anugerahi seorang anak laki-laki bernama Jaycee Chan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × four =